• Headline News


    Saturday, July 28, 2018

    Maluku Youth Care Gelar Pelatihan Peduli Rawan Sosial



    Ambon, Kompastimur.com 
    Maluku Youth Care (My Care) menggelar pelatihan Pemuda Peduli Rawan Sosial di Hotel Elisabet, Sabtu (28/07). Pelatihan oleh lembaga pemerhati sosial tersebut dengan mengangkat tema 'Pattimura Muda peduli sosial'.

    Sekertaris Kota Ambon A. G Latuheru, saat membuka kegiatan tersebut dalam sambutanya menyampaikan, Indonesia adalah bangsa yang majemuk, masyarakatnya terdiri dari beragam suku bangsa, agama dan adat istiadat. Beragam tersebut merupakan anugerah dari Tuhan yang maha kuasa yang harus di syukuri dan di jaga, dan juga menjadi modal  berharga bagi pembangunan.

    “Meski demikian, keberagaman tersebut jika tidak kita sikapi dengan terbuka, arif dan bijaksana dapat berubah menjadi ancaman bagi kebutuhan bangsa, sebagaimana kita saksikan akhir-akhir ini, dimana bangsa kita tengah menghadapi krisis toleransi dan kerukunan antar umat beragama," kata Latuheru.

    Dikatakan Latuheru, Begitu juga kota Ambon berbagai kejadian telah membuktikan bahwa Kota ini sangat besar potensinya terhadap ancaman kerawanan sosial. Hal ini disebabkan karena Kota Ambon sebelumnya pernah konflik horizontal di masa lalu.

    “Peristiwa kelam yang mengakibatkan korban jiwa dan material yang begitu besar, serta terhambatnya pembangunan di segala bidang, tentunya tidak dapat dilupakan begitu saja dari benak kita, pengalaman tersebut kini menjadi pelajaran yang berharga bagi generasi muda agar tidak terulang di masa depan," hatap Latuheru.

    Lanjut Latuheru, Ambon tahun 2017-2022 yakni "Ambon yang harmonis, sejahtera dan religius". Kata dia, Harmonis dalam visi ini adalah masyarakat kota Ambon yang berjalan selaras dan serasi, sehingga tercapai harmonisasi kehidupan masyarakat kota Ambon yang saling menghargai sebagai sesama orang Basudara dengan prinsip nilai-nilai Pela gandong yang dipertahankan untuk melindungi warga kota dan bertujuan membangun Ambon yang damai dan toleran.

    “Atas nama pemerintah dan seluruh warga kota Ambon saya mengucapkan banyak terimakasih serta memberikan apresiasi yang tinggi kepada Malaku Youth Care atas inisiatif untuk membantu pemerintah kota Ambon dalam upaya meningkatkan kapasitas bagi warga untuk peduli Rawan Sosial.," pungkas Latuheru menutupi sambutanya.

    Senada dengan Latuheru, Ketua Maluku Youth Care Lutfi Sukunwatan saat di konfirmasi media ini menyampaikan, kegiatan yang di laksanakan guna membentuk relawan yang waspada, siap siaga dan tanggap terhadap kondisi Rawan Sosial di lingkungan masing-masing.

    Selain itu kata Sukunwatan, Kegitan tersbut guna meningkatkan pengetahuan pemuda tentang penanggulangan bencana alam dan kerawanan sosial yang ada di Provinsi Maluku

    “Maluku yang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masuk dalam kategori rawan bencana dan rawan sosial. Bencana alam lainnya dan perkelahian antar negeri agama dan suku sangat terjadi di Maluku merupakan hal yang lumrah kita dengar," harap Sukunwatan.

    Dikatakan Sukunwatan, Hal ini di sebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan penting hidup melestarikan alam dan bertoleransi. Oleh karena itu Maluku Youth Care melaksanakan kegiatan  Pelatihan Pemuda Peduli Rawan Sosial ini sebagai bagian media awal guna menghasilkan pemuda Maluku yang peduli terhadap kondisi Rawan Sosial di masyarakat.

    "Kegitan ini sehari dalam ruangan, hari kedua di luar ruangan. Kegiatan ini dalam bentuk seminar hari pertama dan bentuk Outbond di hari kedua di pantai Batu kuda Tulehu," jelas Sukunwatan.


    Ditambahkanya, Kegiatan ini adalah Kerjasama Maluku Youth Care (My Care) dengan kepeloporan dan kepemimpinan pemuda kementrian pemuda dan olahraga. Jumlah peserta kegitan tersebut sebanyak 100 orang, yang terdiri dari unsur mahasiswa dan pemuda.

    Pemateri kegiatan tersebut Dinas Sosial Maluku (Merawat kerukunan di tengah ancaman kerwanan sosial), Pangdam diwakili Dandim (Ancaman disintegrasi bangsa), Rodi Fofid  (Pela gandong sebagai sarana pencegahan kerawanan sosial), PMI Maluku (mekanisme tanggap kedaruratan bidang kesehatan dan simulasi), Narasumber lokal (Peran pemuda dalam mengatasi kerawanan sosial), Asdep KKP Kemenpora (peran kesukarelawanan pemuda dalam pencegahan dini kerawanan Sosial). (KT-Rls)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Maluku Youth Care Gelar Pelatihan Peduli Rawan Sosial Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top