• Headline News





    Tuesday, November 7, 2017

    Tual - Malra Kecipratan Motor Sampah


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastiur.com
    Anggota Komisi VII DPR RI Mercy Barends mengaku, tahun ini telah mendistribusikan 30 Motor Sampah (Torsa) dalam rangka pengembangan bank sampah berbasis komunitas. 30 motor sampah yang dibagikan itu tersebar di enam lokasi diantaranya Kota Ambon 5 unit, Maluku Tengah 5 unit, Kabupaten Buru 5 unit, Kabupaten Maluku Barat Daya 4 unit. Sedangkan untuk Kota Tual mendapatkan 5 unit dan Kabupaten Maluku Tenggara 3 unit.

    "Kita telah menyerahkan semuanya, dan untuk Kota Tual dan Kabupaten Malteng baru diserahkan pada tanggal 2 November lalu," ungkap Barends kepada wartawan, Senin (6/11).

    Berdasarkan data yang dihimpun, sampah di Kota Tual berkisar 7-8 ton per tahun. Hal ini menurutnya, akan meresahkan masyarakat jika tidak diatasi. Bahkan akan menjadi timbunan jika tidak dibersihkan. Untuk itu, diperlukan bank sampah sebagai solusi yang dapat membawa dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat di Kota Tual.

    Kehadiran motor sampah sebagai salah satu alat transportasi yang digunakan untuk menjawab hal itu. Barends meminta agar keberadaan motor sampah yang dibagikan harus dipantau keberadaannya dan pemanfaatan oleh pemerintah.

    Sementara itu, Setditjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup (LHK) Republik Indonesia Ade Palguna mengatakan, hadirnya bank sampah dapat membantu pemerintah daerah dalam mengurangi sampah karena bisa dijadikan sebagai produk.

    Selain itu, kegiatan ini juga menggandeng Bank Nasionak Indonesia (BNI). Hal ini sebagai bentuk perhatian dalak rangka mendukung program pengelolaan lingkungan yang bersih, rapi, sehat sekaligus merubah paradigma masyarakat agar memandang sampah menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis.

    "Program bank sampah sebagai bentuk perhatian dalak rangka mendukung program pengelolaan lingkungan yang bersih, rapi, sehat sekaligus merubah paradigma masyarakat agar memandang sampah menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis," tutur Palguna yang saat itu berada di Gedung Serbaguna Desa Taar.

    Selain menyerahkan Motor Sampah, Barends juga melakukan kunjungan kerja pada PLTMG dan Depot Pertamina yang berpusat di Kota Tual. (KT-HT)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tual - Malra Kecipratan Motor Sampah Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top