• Headline News


    Tuesday, November 21, 2017

    SMK Negeri Taniwel Promosikan Karya Holikultura di Pameran Akbar Pesparawi X


    Piru, Kompas Timur.com
    Ajang pesparawi X Tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang diramaikan dengan pameran akbar yang diikuti oleh berbagai instasi di lingkup Pemkab SBB maupun swasta dengan memamerkan berbagai pernak pernik yang dipamerkan sesuai dengan bidang masing masing.

    Selain pameran diikuti oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taniwel Kecamatan Taniwel Kabupaten SBB pun turut mempromosikan hasil hasil karya holikultura bidang pertanian dalam pameran akbar Pesparawi tersebut.

    SMK dengan gudang persentasi yang pernah diraihnya Juara 1 LKS Tingkat Provinsi tahun 2013, 2014, 2015, 2016 dan 02SN tingkat Provinsi 2017 ikut mengisi  pameran Pesparawi X Tingkat Provinsi Maluku untuk mempromosikan hasil karya yang diciptakan oleh siswa dan siswi di bidang kejuruan pertanian berupa cipta karya horikultura yang berasal dari hasil pertanian itu sendiri.

    Kepada Kompastimur.com, Senin (20/11/2017), Kepala Sekolah SMK Negeri Taniwel Eluezer Elly. Mengatakan, ini merupakan kali kedua SMK Negeri Taniwel ikut dalam pameran untuk mempromosikan hasil karya dari anak didik jurusan pertanian berupa holikultura dari bahan bahan pertanian yang dikelola oleh para siswa-siswi.

    "Ini yang kedua kali SMK Negeri Taniwel hadir dalam mengisi pameran akbar, baik di ajang MTQ beberapa tahun lalu maupun ajang Pesparawi X tingkat Provinsi Maluku di Kabupaten SBB saat ini," kata Elly.

    Ditambahkannya, hasil karya holikultura yang berasal dari bahan baku hasil pertanian yang dibuat oleh para siswa dan siswi SMK Negeri Taniwel  menjadi bahan yang siap dipakai oleh konsumen yang datang berkunjungi ke stand pemeran.

    dijelaskannya, pengolahan hasil pertanian holikultura yang dipromosikan dalam mengisi pameran akbar Pesparawi X diantaranya berupa Anakan Rambutan, Anakan Mangga, Anakan Gaharu, Pupuk Bokhasi, Kenari Karamel, Ice Cream Rasa Keladi Goreng, Juice Mangga, Juice Sirsak, Selai Belimbing, Sirup Pala, Saos Sambal, Abon Ikan Kelor dan Pot Bunga yang terbuat dari tangkai Pohon Enau.

    “Ini semua berasal dari bahan baku  pertanian yang dibuat oleh para siswa dan siswi SMK Negeri Taniwel sendiri,” ucapnya.

    Dari pantauan Kompastimur.com, promosi pameran SMK Negeri Taniwel cukup menarik simpatisan para pengunjung, baik masyarakat, anak didik, petani maupun pejabat yang membeli hasil karya anak siswa-siswi yang sudah bekerja keras untuk mendapat perhatian pengunjung.

    “Ada pejabat yang membeli Anakan Gaharu hasil kerja keras yang dipromosikan oleh SMK Negeri Taniwel itu sendiri. Disamping beberapa karya yang dipromosikan terjual habis dan bahkan ada yang memesan hasil karya SMK Negeri Taniwel untuk dibeli lagi," tuturnya.

    Dirinya mengaku, capaian ini tidak terlepas dari bimbingan para guru SMK Negeri Taniwel yang bekerja keras untuk memberikan yang terbaik buat para siswa dan siswi sehingga karya yang diciptakan dapat membuahkan hasil yang baik pula untuk nama baik guru , siswa siswi dan nama baik SMK Negeri Taniwel dimata masyarakat, para anak didik dan pejabat yang mengunjungi stand pameran yang dipamerkan pihaknya.

    “Harapannya dengan adanya pameran seperti ini dapat menjadi apresiasi para guru dan siswa siswi untuk lebih bekerja keras lagi atas hasil yang memuaskan yang didapatkan dari pameran untuk promosi hasil karya siswa dan siswi ini, dan kami meminta adanya perhatian baik dari pihak pemerintah daerah Kabupaten SBB dan pihak Pemerintah Provinsi Maluku untuk terhadap hasil karya ini dan dapat bekerja sama dengan kami di bidang pertanian," pintanya. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SMK Negeri Taniwel Promosikan Karya Holikultura di Pameran Akbar Pesparawi X Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top