• Headline News


    Tuesday, November 21, 2017

    Puluhan Rumah Warga di Buru Rusak Dihantam Badai


    Namlea, Kompastimur.com
    Dilaporkan sebanyak 27 rumah warga mengalami rusak parah, rusak sedang dan rusak ringan, akibat badai yang melanda Dusun Malmede,  Kecamatan Lolongquba, Kabupaten Buru.Selain memporak-porandakan rumah penduduk, angin kencang ini juga menumbangkan pohon kelapa, dan tanaman umur panjang lainnya .

    Kepala BPBD Kabupaten Buru, Ir Hadi Zulkarnain yang didampingi Kabid Penanggulangan Bencana, Dra Hasnawati Pedusa kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin siang (20/11), turut membenarkan kejadian bencana alam ini. "Warga mengaku, kalau awalnya hanya hujan. Tiba-tiba datang angin kencang tapi tak berlangsung lama," benarkan Hadi.

    Hadi lebih jauh menjelaskan, badai yang disertai hujan ini terjadi pada hari Minggu lalu, sekitar pukul 15.00 Wit dan hanya terfokus di Dusun Malmede. Sedangkan pemukiman penduduk yang dekat dengan dusun itu tak merasakan kejadian serupa.

    Setengah jam paska kejadian itu, ada warga yang menelepon BPBD Kabupaten Buru.

    "Setelah kami terima khabar, langsung lapor pimpinan dan terjun ke tkp," jelas Hadi.

    Karena jarak Dusun Malmede jauh dari ibukota Kabupaten, Tim BPBD dan pemkab yang terjun ke TKP baru dapat menjangkaunya lewat jalan darat sejam kemudian.

    Saat tiba di TKP, bencana itu sudah lama berakhir. Tak ada lagi bencana susulan.

    "Kami lalu mendata kerusakan.Ada 27 rumah yang terpapar angin. Ada yg rusak berat, sedang dan rusak ringan.Termasuk Desa induk di Kubalahin, ada dua rumah yang rusak. Ada satu fasilitas umum mck juga rusak," terangkan Hadi.

    Di sana tim pemkab ini mendata  kerusakan.Terdampak bukan hanya menimpa rumah warga, tapi tanaman umur panjang seperti kelapa, mangga dan lainnya juga tumbang.

    Menurut Hadi, setelah mendata, BPBD Buru langsung mengambil langkah tanggap darurat dengan  mendorong memberikan bantuan tarpal, supermie, minyak kelapa, ikan asin dan ikan asar.

    "Kami berharap tkp tetap kondusif, esok kami akan turunkan tim lagi untuk mendata kerusakan lebih rinci.Ini musibah, jadi harus dibantu," ucap Hadi.

    Terkait dengan kerusakan rumah, sudah ada petunjuk dari bupati akan ditalangi melalui program bedah rumah pada Dinas Sosial Kabupaten.(KT-10)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puluhan Rumah Warga di Buru Rusak Dihantam Badai Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top