• Headline News


    Friday, November 24, 2017

    Alkatiri : Inspirasi Seni Pemudah Indonesia Timur Menuju Kanca Nasional


    Jakarta, Kompastimur.com
    Mohammed Yusran Alkatiri yang dikenal dengan Mamat adalah finalis Stand Up Comedy (Suci) 7 merupakan satu-satunya komedian asal Kabupaten Fak-Fak Papua Barat.

    Dia merupakan satu diantara pemuda Papua Barat yang tampil di kanca Nasional sebagai komedian dengan ciri khas menggunakan dialeg Daerah Fak-Fak setiap kali menghibur penggemarnya di atas panggung comedy. 

    Mamat sapaan akrab Pria asal Fak-Fak ini saat di temui mengisi Acara  Pelatihan Wartawan yang di selenggarakan Bank Indonesia di Jakarta mengatakan banyak potensi yang di miliki Pemuda Papua Barat terutama Pemuda Kabupaten Fak-Fak. 

    Meski demikian, dia menyebut kreasi dan seni yang dimiliki pemuda di Daerahnya  masih belum di perhatikan secara serius oleh Pemerintah Daerah.

    "Seni memang sangat kurang di perhatikan ya apalagi di Daerah seperti Papua Barat terutama di Kabupaten Fak-Fak sebenarnya banyak potensi yang ada,” kata Mohammed Yusran Alkatiri Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhamadiyah Jogjakarta 

    Meski demikian menurut Mamat,  untuk harus bangkit Pemuda Papua Barat tidak harus berharap pada Pemerintah sebab seni memiliki jalur tersendiri, dia ada di jalanan bukan seperti Birokrasi.

    " Kalau memang kita mau berkembang iya tidak perlu harap pemerintah,  kreasikan saja potensi yang kita miliki. Tetapi Pemerintah sebagai Pemimpin mestinya lebih aktif mendorong Pemuda,” kata Finalis Suci 7 ini.

    Dikatakan peran penting pemerintah untuk memperhatikan seniman-seniman Papua Barat ini sangat penting ketimbang harus mengurus proyek-proyek semata,  lebih baik ribut sesuatu yang bernilai positif. 

    Mamat mengatakan Pintu untuk menabrak kanca Nasional sebenarnya sudah terbuka lebar terutama bagi Pemuda yang ada di Wilayah Timur,  terutama Papua Barat. 

    "Jujur saya mau bilang bahwa untuk naik pentas Nasional harus ada sesuatu yang kita bawah, apa tujuan yang kita bawah saat di atas panggung,” ujar Mamat Alkatiri. 

    Banyak bakat anak muda Papua Barat yang terus di asah tetapi jangan hanya sebatas musiman,  hari ini musim repp semua berbondong-bondong ke sana kemudian besok musim balap motor semuanya lari kesana lagi jadi tidak ada kepastian. 

    "Untuk menabrak Nasional khusus stand up comedy alhamdulillah saya sudah  membuka jalan, tidak susah bagi anak papua berada di pentas ini sebab dia lebih banyak suka bercerita, orang yang lucu bukan yang keras apalagi suka mabuk-mabukan,” kata Mamat

    Mamat Alkatiri Pria 25 Tahun asal Kota Pala Fak-Fak ini memulai debutnya masuk dalam comunitas stand up comedy Yokjakarta tempat dia menimbah ilmu,  Mamat berhasil lolos sebagai rener up stand up comedy sasion 7 yang di selenggarakan oleh stasion televisi swasta nasional Kompas tv Tahun 2017. (KT-ARA)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Alkatiri : Inspirasi Seni Pemudah Indonesia Timur Menuju Kanca Nasional Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top