• Headline News


    Thursday, October 26, 2017

    Pemkab Tana Toraja Gandeng Karang Taruna Gelar Aksi Menanam 28 Ribu Pohon


    Toraja, Kompastimur.com
    Pemerintah Kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Tana Toraja, melaksanakan aksi penanaman 28 ribu pohon buah-buahan dan kayu-kayuan. 

    Penanaman tersebut dilaksanakan dengan bekerjasama Karang Taruna Kabupaten Tana Toraja bersama masyarakat se-Kecamtan Masanda. Lokasi penanamannya dipusatkan di Kawasan Objek Wisata Pa’baladoan, Lembang Sesesalu, Kecamatan Masanda.

    Kadis Lingkungan Hidup Daud Balalembang, yang kami temui di lokasi mengatakan aksi penanaman 28 ribu pohon buah-buahan dan kayukayuan ini  dilaksanakan dalam  rangka mendukung Program Pemkab Tana Toraja tentang Pelestarian Lingkungan Hidup, serta serangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda Tanggal, 28 Oktober 2017.

    Pohon tidak hanya ditanam, melainkan juga dirawat secara baik sehingga tumbuh dan bermanfaat secara ekologis dan ekonomis bagi warga masyarakat.

    “Kegiatan seperti ini tidak boleh berhenti sampai disini, harus ada kelanjutannya di lokasi lain dalam daerah Kabupaten Tana Toraja, baik dilakukan oleh warga maupun Karang Taruna karena sangat dibutuhkan untuk keseimbangan alam,” harapnya lanjut. 

    Welem Sambolangi selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Tana Toraja mengharapkan program penghijauan seperti ini jangan hanya sekedar seremonial, tetapi dilakukan secara nyata oleh  semua elemen masyarakat bukan hanya pemuda, tetapi semua warga  wajib menjaga dan merawat lingkungan yang ada dengan cara menanam dan memelihara pohon.

    "Intinya dengan ini kami mengajak kepada semua masyarakat berperan serta untuk peduli menjaga lingkungan dengan tanam pohon," tuturnya.

    Dalam kegiatan ini Karang Taruna Kabupaten Tana Toraja, bekerja sama dengan Camat dan 8 Kepala Lembang  (Desa) yang  ada di Kecamatan Masanda, Tana Toraja, Sulsel, untuk menggelar aksi menanam 28 ribu pohon buah-buahan dan kayu-kayuan di Kawasan Wisata Pa’baladoan. Aksinya  menanam 28 ribu pohon ini kegiatannya dimulai dari tanggal, 24 28 Oktober 2017 dengan melibatkan kurang lebih 1000 orang.

    “Kegiatan aksi menanam 28 ribu pohon  ini adalah salah satu kegiatan bakti sosial Karamg Taruna dengan bergotong royong dalam rangka penghijauan, dan tujuan aksi ini adalah untuk menumbuh kembangkan rasa kepedulian pemuda-pemudi dan masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan, serta mengurangi dampak pemanasan global,” kata Welem Ketua DPRD Tana Toraja 2 periode itu.

    Tulak Rerung selaku Camat Masanda, Kabupaten Tana Toraja mengungkapkan rasa bangganya terhadap Pengurus Karang Taruna dengan aksi tanam 28 ribu pohon ini dan semua pemuda yang sudah ikut serta dalam kegiatan ini.

    "Puji syukur semua turut serta bahu membahu dalam aksi penanaman 28 ribu pohon ini," tutur beiau. 

    Pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberikan semangat yang besar dalam membangun kesadaran dan semangat seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Masanda.

    Camat Masanda kembali mengingatkan warganya agar menumbuhkan kembali nilai-nilai kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup, serta merasa ikut memiliki dan bertanggung jawab dalam menjaga dan memeliharanya.

    Kegiatan ini sangat positif sehingga perlu dilakukan secara berkesinambungan setiap tahunnya dan bisa dilakukan bersama semua elemen masyarakat dari berbagai unsur untuk terlibat dalam kegiatan ini. (KT-MZT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Tana Toraja Gandeng Karang Taruna Gelar Aksi Menanam 28 Ribu Pohon Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top