• Headline News


    Sunday, October 29, 2017

    Pembangunan Bandara Buntu Kunik Berlanjut


    Tana Toraja, Kompastimur.com
    Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di Sulawesii Selatan (Sulsel). Salah satunya adalah lanjutan pembangunan Bandara Buntu Kunik di Mengkendek TanaToraja.

    Namun, Bandara Buntu Kunik tersebut membutuhkan anggaran yang besar agar bisa rampung. Untuk itu, Bandara Buntu Kunik diperkirakan baru bisa selesai tiga tahun lagi.

    Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, Pembangunan Bandara Buntu Kunik akan terus digenjot pembangunannya, dan tahun ini sudah mulai kembali dibangun setelah dikucurkan anggaran APBN.

    "Bandara Buntu Kunik mulai tahun ini kembali dibangun, anggarannya Rp40 miliar dari APBN. Dan paling lambat 3  tahun selesai Bandara Buntu Kunik itu," ujar Budi Karya Sumadi.    

    Anggota Komisi V DPR RI, Hamka B. Kady usai meninjau berbagai proyek infrastruktur jalan dan bandara di Tana Toraja, termasuk Bandara Buntu Kunik, ia mengatakan, pembangunan Bandara Buntu Kunik membutuhkan biaya lebih besar ketimbang wilayah lainnya.

    Menurutnya, kondisi alam Tana Toraja yang mayoritas dikelilingi pegunungan, menyulitkan untuk menemukan lahan datar dengan panjang minimal 2000 meter sebagai syarat landasan pacu pesawat yang ideal. Oleh karena itu, maka biaya yang dibutuhkan untuk membangun bandara dengan kondisi wilayah perbukitan dan gunung, akan lebih besar ketimbang wilayah lainnya.

    “Pada umumnya anggaran pembangunan bandara antara Rp. 300-400 miliar. Namun karena kondisi alam pegunungan pasti memerlukan biaya yang lebih besar. Padahal pembangunan infrastruktur yang saling mendukung konektivitas, baik infrastruktur udara maupun darat di daerah pariwisata, seperti Tana Toraja akan mengundang minat wisatawan,” ungkap Hamka.

    Anggota Komisi V dari Dapil Sulsel I ini menambahkan, bahwa perbaikan infrastruktur jalan yang terkoneksi dengan berbagai destinasi wisata di Tana Toraja dan sekitarnya, pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

    “Kita harapkan tiga tahun ke depan kalau infrastruktur darat sudah bagus, ada bandara yang representative, saling terhubung antara Parepare - Palopo - Tana Toraja, Insya Allah destinasi wisata akan berkembang disini,” ujar Hamka optimis. (KT-MZT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pembangunan Bandara Buntu Kunik Berlanjut Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top