• Headline News


    Thursday, September 7, 2017

    Gerakan Lilin Perdamaian PMII SBT For Rohingya

    Bula, Kompastimur.com
    Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menggelar aksi solidaritas terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Rohingya, Myanmar. Aksi solidaritas tersebut berlangsung Rabu (6/9) malam di Jalan Protokol Bula.

    Turut hadir dalam aksi tersebut salah satu Anggota DPRD SBT, Bahrum Wajo yang juga merasa prihatin terhadap kondisi yang terjadi di Rohingya.

    Selain dari Anggota DPRD tersebut, hadir juga para Majelis Pimpinan Cabang PMII, Sahabat Rusdy Rumata dan Sahabat Faisal Sehwaky yang turut terlibat lansung dalam aksi solidaritas tersebut.

    Rumata dalam orasinya mengatakan kondisi yang terjadi di Rohingya bukan masalah etnis, bukan masalah suku tetapi itu merupakan masalah kemanusiaan yang bertentangan dengan nilai-nilai dasar negara Indonesia.

    “Yang terjadi di Rohingya saat ini bukan masalah agama, tetapi itu merupakan masalah kemanusiaan yang terjadi di Rohingya. Semua tindakan itu bertentangan dengan  UUD 1945 pada alenia pertama," teriak Rumata dengan nada keras.

    Aksi yang dilakukan oleh PMII secara nasional ini menyampaikan beberapa tuntutan mendasar yang dibacakan oleh koordinator lapangan, diantaranya: Pertama, Mengutuk keras pembunuhan massal juga pengusiran terhadap warga Rohingya;

    Kedua, Meminta Pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan apa yang terjadi di Rohingya;

    Ketiga, Mendesak Pemerintah Indonesia untuk segera melayangkan protes dan desakan pada Pemerintah Myanmar untuk menghentikan kebiadaban tersebut;

    Keempat, Berharap Pemerintah mau mewakili keresahan masyarakat Indonesia dan berani menawarkan diri menjadi mediator sebagai ruang pencarian solusi atas masalah yang tak kunjung henti;

    Kelima, Usir kedutaan Myanmar dari tanah Indonesia jika masalah kemanusiaan ini tak kunjung selesai. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gerakan Lilin Perdamaian PMII SBT For Rohingya Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top