• Headline News


    Sunday, July 23, 2017

    Komunit Lintas Sejarah & Agen Semesta Warnai Hari Anak Nasional Dengan Kegiatan Membaca

    Ambon, Kompastimur.com
    Komunitas Lintas Sejarah dan Agen Semesta mengadakan kegiatan membaca dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, di Lapangan Merdeka Ambon, Minggu (23/7).

    Kegiatam membaca tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi maupun peminat membaca buku di Maluku dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tertuang dalam amanat Undang-Undang Dasar 1945.

    Kegiatan tersebut juga dilakukan untuk membantu pemerintah dengan bagaimana membentuk karakter anak-anak Maluku, khususnya Kota Ambon dan membentuk kerangka berfikir yang ilmiah untuk generasi Maluku.

    Koordinator Kegiatan Membaca, Maisarah Palembang kepada Kompastimur.com mengatakan Komunitas Lapak Baca yang telah berdiri sejak 3 Tahun melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari anak Nasional dengan melakukan kegiatan membaca bagi umun dan kegiatan menggambar bebas untuk anak-anak sekaligus merayakan hari ulang tahun Komunitas Lapak Baca. 

    "Kebetulan hari ini adalah Hari Anak Nasional dan kemudian juga bertepatan dengan hari ulang tahun komunitas kami yang jatuh pada tanggal 20 Juli dengan melakukan kegiatan membaca dan menggambar dan mewarnai. Kegiatan ini kita lakukan secara gratis dan suka rela tanpa dipungut biaya, madaftar dan apapun karena yang terpenting adalah anak-anak senang dengan kehadiran kami," ujar Sarah.

    Sebab, lanjut Sarah, pihaknya adalah komunitas membaca, maka keninginan utamanya adalah bagaimana meningkatkan peminat membaca di Kota Ambon.

    Karena menurutnya, peminat membaca di Maluku khususnya di Kota Ambon itu sangat minim, sehingga untuk meningkatkan partisipadi pembaca, maka melalui komunitas seperti ini kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara rutin.

    "Kita hanya komunitas lapak baca, kita ingin meningkatkan kualitas serta minat membaca di Kota Ambon, karena kita melihat bahwa selama kita membuka komunitas membaca selama kurang lebih 3 Tahun ini partisipasi ataupun minat membaca di Kota Ambon sangat minim, sehingga perlu untuk dikembangkan meski melalui kegiatan-kegiatan kecil, untuk menciptakan manfaat besar bagi generasi muda di Kota Ambon," terangnya.

    Sarah mengakui, fasilitas yang dimiliki seperti buku, alat tulis dan menggambar lainnya itu awalnya dari koleksi pribadi, kemudian mendapat bantuan dari Gramedia.

    "Bagi kami membaca adalah sumber dalam membentuk pribadi dan menciptakan kerangka berfikir yang ilmiah. Karena tanpa membaca, kita tidak akan mempunyai pengetahuan yang luas. Ada sebuah filosofi mengatakan membaca adalah jendela dunia. Jadi kalau kita tidak membuka jendela, maka kita tidak dapat melihat dunia yang amat luas," cetusnya.

    Kegiatan ini, lanjutnya, selalu dilakukan di setiap hari Minggu dan ditempat yang sama, namun khusus untuk hari ini bertepatan dengan Hari Anak Nasional, maka sedikit berbeda.


    "Harapan kami untuk pemerintah agar bukan hanya kami, tetapi komunitas-komunitas seperti ini harus mendapat perhatian dari pemerinyah, karena ini sejalan dengan program pemerintah karena ini merupakan kegiatan pembentukan karakter dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Bagi kami di Kota Ambon, kegiatan seperti ini perlu diperhatikan oleh pemerintah Kota Ambon. Harapan kami bisa mendapat bantuan dari semua pihak, karena yang kita lakukan ini merupakan kegiatan sukarela dengan keterpanggilan nurani," tutur Sarah. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Komunit Lintas Sejarah & Agen Semesta Warnai Hari Anak Nasional Dengan Kegiatan Membaca Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top