• Headline News


    Tuesday, June 20, 2017

    Mercy Barends Sosialisasi Empat Pilar Bagi Puluhan Tokoh Agama di Ambon



    Ambon, Kompastimur.com
    Puluhan tokoh agama di Kota Ambon, Senin (19/6) ikut serta dalam sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilakukan oleh Anggota MPR RI, Mercy Ch Barends.

    Politi PDI Perjuangan Dapil Maluku itu menjelaskan bahwa sosialisasi yang dilakukan itu mengusung tema : Peran agama-agama dalam memperkuat silahturahmi orang basudara dan semangat kebangsaan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada para tokoh agama yang ada di Kota Ambon tentang Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

    “Tujuan dari kegiatan sosialisasi empat pilar ini adalah bagaimana Empat Pilar Kebangsaan kita, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika itu bisa terus mengakar dalam kehidupan masyarakat,” kata anggota Komisi VII DPR RI.

    Dia mengatakan, Empat Pilar Kebangsaan ini merupakan modal yang baik guna membangun bangsa yang penuh dengan kemajemukan. Oleh karena itu, pemahaman yang komprehensif terhadap Empat Pilar Kebangsaan merupakan suatu keharusan dan kebutuhan yang tak bisa diabaikan begitu saja.

    Perlu diketahui, Empat Pilar yang dimaksud Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara serta Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

    Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Abidin Wacanno mengatakan, kita boleh berbeda, namun Pancasila menjadi pemersatu sebagai landasan kehidupan kita. Jika ditarik dalam agama Islam, Pancasila sangat berhubungan erat.

    Bukan hanya itu, silahturahmi orang bersaudara patut dilaksanakan sehingga wujud tali kasih antar sesama tetap terjaga dan mewujudkan Bhineka Tunggal Ika dalam kemasyarakatan. (KT-HT)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mercy Barends Sosialisasi Empat Pilar Bagi Puluhan Tokoh Agama di Ambon Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top