• Headline News


    Wednesday, April 26, 2017

    Diduga Ada Pungli Di Dinas Catatan Sipil SBB

    Piru, Kompastimur.com 
    Diduga Pungli kembali terjadi didinas catatan sipil Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), yang sangat mencekik para warga yang membuat KK, E- KTP dan Akta Kelahiran dengan bayaran diatas dua ratus ribuan yang dimintakan oleh para pegawai negeri sipil Dinas Capil Kabupaten SBB.

    Dengan adanya pungli ini membuat para warga terbeban dengan permintaan yang begitu besar oleh pegawai catatan sipil Kabupaten SBB, apalagi warga yang tidak mampu untuk membayar E KTP denga pungutan di atas dua ratus ribu serta akta kelahiran sebesar 300 tersebut.

    Menurut salah satu warga pemilik E-KTP yang berinisial WJL kepada Kompastimur.com (25/4) mengatakan saat membuatan E-KTP dan Akta kelahiran didinas catatan sipil ia diminta oleh pegawai kantor catatan sipil agar membayar biaya  E-KTP sebesar dua ratus ribu rupiah dan Akta Kelahiran sebesar tiga ratus ribu rupiah.

    Untuk keperluannya WJL terpaksa memenuhi permintaan pegawai catatan sipil kabupaten SBB yang berinisial OH dengan menyetor dua ratus ribu untuk E KTP dan duar ratus ribu rupiah lagi untuk akta kelahiran sehingga total yang sudah disetor WJL ke OH sebesar 400 ribu rupiah, namun masih tersisa seratus ribu rupiah yang belum disetor kepada OH.

    "Karena ada keperluan untuk anak ujian terpaksa saya bayar saja,” kata WJL

    Dengan permintaan yang begitu besar WJL terpaksa menjual HPnya untuk dapatkan uang agar bisa membayar E KTP dan Akta Kelahiran yang sudah dibuat dan dipegang oleh OH selaku pegawai negeri catatan sipil SBB

    “Ada yang tanya akta kelahiran ini bilang dikeluarkan tahun 2015, karena tahun 2017 belum ada pembuatan yang lain belum bisa buat akta kelahiran ungkap OH kepada WJL" terang WJL kepada kompasTimur. Com


    Dengan adanya pungli di Dinas Catatan Sipil Kabupaten SBB ini, warga masyarakat Kabupaten SBB memintakan kepada tim saber pungli untuk segerah menidak tegas terhadap para oknum-oknum pegawai yang melakukan pungli terhadap pembatann E-KTP dan Akta Kelahiran pada dinas tersebut. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diduga Ada Pungli Di Dinas Catatan Sipil SBB Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top