• Headline News


    Friday, February 17, 2017

    Mey, Bursel Siap Sebagai Salah Satu Jalur Tol Laut

    Namrole, Kompastimur.com 
    Kabupaten Buru Selatan (Bursel) sudah siap menjadi salah satu daerah yang menjadi jalur Tol Laut pada bulan Mey nanti.

    Hal ini di ungkapkan oleh Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bursel Yance Latuiperissa kepada wartawan di kantor bupati, Selasa (14/02)
    Latuiperissa dalam keteranganya menjelaskan jika tidak ada hambatan dipastikan bulan Mey ada kapal-kapal yang sudah singga di Namrole.

    “Bulan Maret Bupati akan berangkat ke Surabaya bertemu dengan Kementrian Perhubungan dan Kementrian Perdagangan untuk membicarakan apa saja yang perlu disiapkan terkait dengan Tol Laut ,”  ungkap Latuipeirissa.

    Selain itu latuipeirissa pun menjelaskan bagi dinasnya hanya mensosialisasikan kepada masyarakat dan khususnya para pedagang dan petani.

    “Disperindag hanya mensosialisasi kepada masyarakat sedangkan peralatan seperti kontener dan perluasan lahan untuk tempat kontener itu akan disiapkan oleh Dinas Perubungan (Dishub) dalam hal ini sabandar,” kata pria yang akrab disapa Yan ini.

    Ia juga menambahkan bahwa Disperindag sudah mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat serta melakukan rapat-rapat dengan pelaku usaha yang ada di Namrole dan Waesama. Sementara untuk kecamatan lain pihaknya  belum bisa melakukan sosialisasi karena terkendala transportasi darat yang belum memadahi serta akses jalan yang belum bisa di jangkau dari darat.

    Dalam rapat itu dihadirkan pula pengusaha sembako untuk yang dari Surabaya dan juga untuk  pedangang pengumpul antar pulau, seperti kopra dan komuniti lainnya. Sedangkan untuk rapat di tingkat instasi terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perdagangan, dan Sabandar adalah desakan Pak Sekda untuk melihat kesiapan masing-masing dinas terkait Tol Laut ini.

    Namun ia mengaku terkait dengan muatan datang  dan muatan balik sudah siap semua dan sudah disampaikan ke kementrian.

    “Kita tunggu aja hasil pertemuan Pak Bupati dengan Kementrian Perhubungan, dan Kementrian Perdagangan, sehingg katong bisa dapat info apa-apa saja yang perlu disiapkan untuk di suplay Bursel ke Surabaya, “ Tutur latuiperissa

    Ia pun berharap petani dan pelaku usaha di Kabupaten Bursel bisa melihat peluang ini dan bisa memanfaatkan peluang untuk mandapatkan keuntungan.

    “Petani harus melihat peluang ini. karena kalau untuk sembako akan lebih murah, sedangkan hasil perkebunan, pedagang akan mendapatkan  nilai tambah dari situ karena langsung ke Surabaya tidak lagi ke Ambon. Namun semua itu tergantung dari para petani apa mau langsung ke Surabaya atau ke Ambon terserah petani saja kalau punya akses di suarabaya ya silakan,” ucap Latuiperissa.

    Kami juga sudah mengkoordinasikan hal ini dengan Dinas Pertanian (Distan) supaya bagaimana mereka bisa mengkoordinir para petani yang ada di kabupaten Buru Selatan sehingga petani juga bisa melakukan perdagangan antar pulau bukan cuma pedagang pengumpul saja.

    Namun ia mengharapakan apabila nantinya dilakukan oleh pedagang pengumpul diharapkan pedangang pengumpul bisa memberikan nilai beli kepada petani dengan nilai yang lebih tinggi.

    “Misalnya harganya Rp. 6.000 di petani sedangkan di Surabaya harganya Rp.11.000, kan ada perbedaan Rp.5.000. Kalau memang harga petani dinaikan menjadi  Rp. 8.000 itu berarti pedagang pengunpul mendapatkan keuntung Rp. 3000, sedangkan petani juga mendapatkan keuntungan tambahan Rp. 2.000 menjadi Rp. 8.000.” harap Yan.

    Sementara itu, untuk lahan tempat  kontener, pihaknya sudah berkoordinas dengan Sabandar terkait dimana dan bagaimana teknisnya.


    “Jadi untuk sementara kita pakai area pelabuhan yang ada dulu dengan sistem penumpukan bertingkat sambil menunggu perluasan arel yang akan di kerjakan oleh pihak sabandar,”  tambah Latuiperissa. (KT02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mey, Bursel Siap Sebagai Salah Satu Jalur Tol Laut Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top