• Headline News


    Friday, February 17, 2017

    Hitung Cepat KCI, Paparisa Menang Pilkada Ambon


    Ambon, Kompastimur.com
    Hasil hitung cepat Konsultan Citra Indonesia (KCI) – LSI Network menempatkan pasangan Richard Louhenapssy – Syarif Hadler (PAPARISA BARU) sebagai pemenang Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ambon periode 2017-2022, Rabu (15/1/2017).

    Pasangan PAPARISA BARU yang diusung Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Pembangunan ini mengungguli pasangan Paulus Kastanya – Sam Latuconsina (PANTAS) yang diusung 8 Partai Politik.

    Hasil hitung cepat KCI-LSI Network me¬nempatkan  PAPARISA BARU unggul de¬ngan memperoleh dukungan suara 53,34 persen sementara pasangan PANTAS memperoleh 46,66 persen suara.

    “Hasil hitung cepat pasangan Paparisa Baru memenangkan Pilkada Ambon dengan meraih suara 53,34 persen,” ujar Peneliti KCI, Muhammad Fajar di Swissbel Hotel Ambon, Rabu (15/1/2017).

    Perhitungan cepat yang dilakukan KCI yang bergandengan dengan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Network ini dengan menggunakan sampel dari 236  Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 5 kecamatan di Kota Ambon.

    Menurut Fajar, TPS yang menjadi sampel terpilih secara acak dari total TPS sebanyak 675 TPS. Dimana metode yang dipakai dalam perhitungaan cepat ini adalah metode multi strage random dengan tingkat eror ± 1 % dengan tingkat partisipasi pemilih (Voter’s Turn Out) sebesar 63,75 persen.

    Dari hasil tersebut terungkap bahwa pasangan Paparisa Baru menang di semua kecamatan yang ada di Kota Ambon.

    “Paparisa Baru menang di 5 kecamatan dengan rata-rata perolehan suara di atas 50 persen,” ujar Fajar.
    Hasil perolehan pasangan Paparisa Baru di lima kecamatan dapat dirinci sebagai berikut, Kecamatan Baguala 53,95 persen, Kecamatan Leitimur Selatan 50,28 persen, Kecamatan Nusaniwe 50,27 persen, Kecamatan Sirimau 55,42 persen dan Kecamatan Teluk Ambon Paparisa Baru meraih 54,04 persen.

    Sementara pasangan Pantas meraih suara di 5 kecamatan yakni Kecamatan Baguala 46,05 persen, Kecamatan Leitimur Selatan 49,72 persen, Kecamatan Nusaniwe 49,73persen, Kecamatan Sirimau 44,58 persen dan Kecamatan Teluk Ambon 45,96 persen.

    Fajar mengungkapkan ada beberapa factor yang menjadi kunci kemenangan pasangan Paparisa Baru diantaranya, tingkat kepercayaan dan kepuasan terhadap calon Walikota Ambon Richard Louhenapessy yang cukup tinggi yang mencapai 80 persen, dimana Louhenapessy yang merupakan petahana ini selama 5 tahun memimpin Kota Ambon dinilai berhasil membangun Ambon. Disamping kinerja tim sukses dalam menjaga basis massa juga menjadi strategi dalam memenangkan pilkada.


    Diakuinya, Perolehan suara yang diraih Paparisa Baru tidak berbeda jauh dengan hasil yang dirilis KCI menjelang Pilkada Kota Ambon dimana, hasil rilis terakhir menempatkan Paparisa Baru meraih 52 persen atau selisih 1 persen. (KT - Ham)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hitung Cepat KCI, Paparisa Menang Pilkada Ambon Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top