• Headline News


    Thursday, February 9, 2017

    Mensos Kucurkan Sembako di Hukurila


    Ambon, Kompastimur.com
    Hari Pers Nasional (HPN) 2017 menjadikan Provinsi Maluku sebagai pusat per­hatian nasional selama kurang lebih tiga hari menjelang puncak pelak­sanaan HPN hari ini 9 Februari 2017.

    Hal ini dibuktikan dengan sejum­lah menteri yang datang dan mela­kukan action yang langsung me­nyentuh masyarakat Maluku, khususnya di Kota Ambon.

    Salah satunya, Kementerian Sosial melakukan kegiatan bakti so­sial berupa pelayanan keseha­tan gratis dan pembagian paket sembako kepada warga di Keca­matan Leitimur Selatan, Hukurila, Kota Ambon, Rabu (8/2).

    Menteri Sosial Khofifa Indar Pa­rawansa hadir dan bertatap muka dengan warga didampingi oleh Ketua Umum PWI Pusat Margiono dan juga Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo. Hadir juga dalam kegiatan sosial ini dari Yayasan Pundi Amal dan Peduli Kasih SCTV/Indosiar dan BNI.

    Pada kegiatan itu, Menteri Sosial Khofifa Indar Parawansa menyem­patkan diri berkeliling dan menya­pa satu per satu warga yang hadir untuk berobat kepada dokter dan perawat yang dihadirkan panitia. Mensos menyapa dan berdialog dengan warga Hukurila yang sa­ngat antusias bertemu dengannya.

    “Saya keliling Indonesia, sudah melihat ciri khas daerah di Indonesia. Kalau di Ambon ini ada Pela Gandong. Kekayaan Indonesia ini sangat banyak, harus diperta­hankan. Kegiatan sosial sema­cam ini harus didukung terus,” katanya.

    Ia juga mendorong sektor swasta untuk dapat meningkatkan peran dan kontribusinya dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Ia bahkan meyakini keter­libatan perusahaan swasta dalam penanggulangan kemiskinan dapat memberikan dampak yang signifikan.

    “Semakin banyak swasta yang turun tangan dan berkontribusi, maka semakin efektif pula pena­nggulangan kemiskinan di Indonesia,” ungkapnya.

    Menurutnya, persoalan kemiski­nan bukan hanya menjadi tang­gungjawab pemerintah, namun semua pihak tidak terkecuali sektor swasta melalui program tanggung jawab sosial (CSR) yang digulir­kan. Namun, perlu penajaman sasaran sehingga CSR tersebut efektif dan tepat sasaran.

    “Kalau diakselerasi dengan program bansos pemerintah seperti PKH atau lainnya maka dapat menyukseskan percepatan penu­ru­nan kemiskinan,” ujarnya.

    Selain pengobatan gratis, Men­sos turut membagikan sembako kepada 500 warga setempat se­nilai Rp 75 juta. Isi sembako pun berupa beras, gula, minyak goreng, teh, dan kopi.  Sembako tersebut juga turut dibagikan oleh pihak BNI, selaku partner dari pelaksanaan HPN 2017.

    Sementara itu, Ketua PWI Pusat  Margiono menyampaikan rasa apresiasinya kepada seluruh pihak yang turut membantu dan menyuk­seskan kegiatan bakti sosial ini. Menurutnya, kegiatan pengobatan gratis ini adalah program konkret yang langsung menyentuh mas­yarakat, sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan HPN.

    “Ini lah langkah konkret yang kita inginkan. Pengobatan gratis ini sangat bermanfaat bagi masya­rakat di Ambon. Kami dari PWI Pusat dan Panitia HPN meng­ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung bakti sosial ini,” tambahnya. (S5)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mensos Kucurkan Sembako di Hukurila Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top