• Headline News



    Friday, November 25, 2016

    Pemkab SBT Di Dorong Kembangkan Potensi Wisata

    Bula, K
    Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) terus di dorong untuk mengembangkan potensi wisata di negeri yang bertajuk Ita Wotu Nusa itu.

    Apalagi, potensi wisata di daerah ini menyebar di seluruh pelosok Kabupaten SBT dengan beragam karakteristik berbasis kepulauan sehingga memperindah daerah ini.

    Potensi-potensi wisata itu merupakan anugerah Tuhan yang patut di syukuri sehingga Pemkab sudah harus mengkonsepkan berbagai ide dan strategi dalam pembangunan daerah ini kedepan, utamanya dari sisi pengembangan potensi wisata yang dimiliki tersebut.

    Hal ini di ungkapkan oleh salah satu pemuda pegiat lingkungan dan pemerhati wisata  Azis Alzubaidy kepada Kompas Timur, Rabu (23/11) di Bula.

    Aziz meminta perhatian khusus agar Pemkab dan Dinas Pariwisata setempat dapat melirik serta membangun pariwisata negeri ini dengan penuh keseriusan.

    “Pemkab SBT harus serius dan mestinya mencanangkan satu event atau menyelenggaran festival dengan tujuan mengekspos semua tempat wisata yang ada di SBT," kata Aziz.

    Anak muda asal Kecamatan Tutuk Tolu, Kabupaten SBT ini menambahkan, jika Pemkab benar-benar serius dalam mengembangkan potensi wisata di daerah ini, maka ke depan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata ini akan mengalami peningkatan signifikan asalkan pengelolaannya benar, tepat dan berkesinambungan.

    “Pariwisata ini kalau dikembangkan pasti menambah PAD. Karena selama ini PAD dari sektor wisata ini minim, bahkan tidak tampak sama sekali sehingga pemerintah daerah sudah harus kreatif," katanya.

    Terlebih lagi, lanjutnya, isu pariwisata saat ini menjadi gencar diperbincangkan, dan bahkan berbagai event pun diselenggarakan di berbagai daerah di pelosok tanah air, termasuk Kabupaten/Kota di Maluku dengan tujuan mempromosikan potensi pariwisata di daerah mereka. 

    Dilain sisi, SBT pun memiliki banyak daerah yang menyimpan keindahan alam, diantaranya : ada Pulau Koon di Kecamatan Pulau Gorom, Pulau Akat di Tutuk Tolu, Pantai Gumumae di Kecamatan Bula, Danau Soli di Pulau Amarsekaru, Tanjung Owan dan Tanjung Aimas di Kecamatan Gorom Timur serta masih banyak lagi yang ada di kecamatan-kecamatan lain yang menyimpan berbagai potensi wisata surga tersembunyi.

    “Yang saya sebutkan ini sebagai contoh, namun masih banyak di kecamatan-kecamatan lain yang lebih indah lagi. Olehnya itu, Dinas Pariwisata Kabupaten Bursel harus mempunyai program preoritas," harap Aziz.

    Aziz pun mengingatkan bahwa Kabupaten SBT memiliki kekayaan alam yang berlimpah, tamanya pada sector perikanan dan parawisata yang bisa dikelola secara berkesinambungan serta di rawat secara baik, maka kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut pun akan terbantu untuk menvapai kesejahteraannya. (KT-FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab SBT Di Dorong Kembangkan Potensi Wisata Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top