• Headline News


    Wednesday, October 12, 2016

    Rumah Rakyat Kota Ambon Sepih Ditinggal Reses Wakil Rakyat

    Ambon, KT
    Waduh, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon yang terletak di kawasan Belakang Soya, Kecamatan Sirimau Kota Ambon beberapa hari belakangan ini terlihat sepih, dan tidak ada aktivitas perkantoran dari para anggota yang merupakan refresentatif dari masyarakat Kota Ambon.

    Berdasarkan pantauan Kompas Timur, aktivitas anggota dewan sebagai perwakilan dari segenap masyarakat Kota Ambon itu tidak terlihat sejak Senin (10/10) kemarin. 

    Informasi yang himpun media ini dari salah satu pegawai yang bertugas di Balai Rakyat Kota Ambon mengaku kondisi ini terjadi lantaran semua anggota DPRD Kota Ambon saat ini sedang menjalani masa reses dewan. 

    “Kantor DPRD ini sepi sejak hari Senin kemarin, karena semua anggota DPRD hingga saat ini masih menjalani tugas-tugas kedewanan atau reses di masyarakat Kota Ambon,” kata sumber yang tidak ingin namanya disebutkan, Rabu (12/10).

    Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, Jimmy Maatitta yang dikonfirmasi Kompas Timur kemarin membenarkan bahwa semua anggotanya tengah menjalani masa reses. Dimana itu menjadi salah satu tugas dewan untuk bertemu dengan masyarakat Kota Ambon pada masing-masing Daerah Pemilihan untuk mendengarkan berbagai masukan dan aspirasi dari masyarakat Kota Ambon.

    “Saat ini Anggota DPRD Kota Ambon sedang menjalani masa reses, dimana reses ini merupakan tugas dari masing-masing anggota dewan. Masing-masing mengunjungi daerah-daerah pemilihannya untuk mengumpulkan masyarakat termasuk konstituen dari masing-masing anggota untuk kemudian menyerap apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat,” ujar Maatitta.

    Dengan reses tersebut, pihaknya berharap agar kedekatan DPRD dengan masyarakat itu dapat terpenuhi, sehingga mampu menangkap aspirasi-aspirasi dari masyarakat untuk kemudian diperjuangkan, sehingga jika ada hal-hal yang dibutuhkan oleh masyarakat, baik itu pemberdayaan, infrastruktur dan juga kebutuhan lain dari masyarakat, yang bisa diakomodir dan bisa diperjuangkan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

    “Itu yang diharapkan. Jadi tugas tersebut tetap jalan untuk menampung aspirasi dari konstituen dari masing-masing anggota DPRD, sehingga mereka yang akan memperjuangkan apirasi tersebut untuk kemudian diwujud nyatakan dalam anggaran pembangunan,” terangnya.

    Setelah masa reses selesai, kata Maatitta, kemudian dibuat laporan dari masing-masing anggota dewan dan kemudian dikumpulkan, setelah itu diparipurnakan menjadi keputusan DPRD dan berdasarkan itu, maka kemudian akan dibawa kedalam proses pembahasan APBD. 

    “Menyerap aspirasi masyarakat itu sudah menjadi komitmen anggota, dan reses itu sendiri adalah tugas dari masing-masing anggota dewan untuk bertemu dengan konstituen atau masyarakat,” tandasnya. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rumah Rakyat Kota Ambon Sepih Ditinggal Reses Wakil Rakyat Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top