• Headline News


    Thursday, October 13, 2016

    Tak Mau Dirugikan, Tim Balon Independen Sambangi KPU Maluku

    Ambon, KT
    Sejumlah Tim Relawan serta pendukung pasangan bakal calon (Balon) Bupati kabupaten maluku Tengah (Malteng) Isnain Solo Nukuhaly – Jopy Soakalune, Rabu (12/10) kembali menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku untuk mempertanyakan kepastian waktu dari KPU Maluku untuk melakukan investigasi terkait masalah yang sengaja dilakukan oleh KPU Malteng untuk menggugurkan pasangan balon independen pada saat verifikasi terhadap salinan syarat dukungan pasangan independen.

    Kedatangan relawan serta simpatisan dan pendukung pasangan balon independen itu lantaran pada pertemuan awal yang berlansung pada Jumat pekan kemarin, KPU Provinsi berjanji akan mendatangi KPU Maluku Tengah untuk melakukan investigasi dan mendengarkan keterangan dari KPU Malteng yang menyangkut dengan laporan sebagaimana telah disampaikan oleh tim pendukung dan simpatisan dari pasangan balon yang berproses pada jalur perseorangan.

    Kedatangan balon Wakil Bupati serta relawan dan pendukung dari pasangan balon independen yang berakronim PAMAHANUNUSA itu lansung diterima oleh Komisioner KPU Maluku, Iriane Sosiawaty Ponto yang di damping oleh Sekretaris KPU Maluku, Hi. Muhammad Ali Masuku.

    Dalam Rapat tersebut, tim secara tegas mempertanyakan konsistensi KPU Provinsi yang pada pertemuan lalu memberikan harapan dan angin segar untuk segera melakukan investigasi terhadap kejanggalan yang dianggap sengaja dilakukan oleh KPU Malteng untuk mengganjal lajunya proses pentahapan yang dilalui oleh pasangan balon independen tersebut, dimana Ketua KPU, Musa L Toekan yang didampingi oleh La Alwi selaku anggota komisioner KPU Maluku pada pertemuan berikutnya berjanji akan mendatangi KPU Malteng, Sabtu (9/10) kemarin.

    Namun, hingga dengan saat ini tidak dilakukan oleh KPU sendiri, sementara waktu terus berjalan dan semakin mendekati waktu penetapan calon.

    “Menyangkut dengan pokok permasalahan yang telah disampaikan beberapa waktu lalu ke KPU itu, saya kira kita telah memahaminya secara bersama, namun yang ingin saya pertegaskan disini adalah janji KPU provinsi untuk melakukan investigasi masalah tersebut, dan meminta klarifikasi dari KPU Malteng terkait dengan terbitan Berita Acara yang telah ditetapkan secara sepihak oleh KPU Malteng, namun sampai dengan saat ini tidak ditindaklanuti sesuai janji yang diberikan oleh KPU Provinsi,” ujar balon wakil dari pasangan Independen, Jopy Soakalune.

    Dikatakan, pihaknya hanya mempertegas soal janji KPU, karena dengan janji tersebut maka secara tidak lansung memberikan angin segar terhadap relawan dan pendukungnya. Namun janji tersebut tak kunjung ditepati. 

    “Hal ini kan bisa berdampak pada hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, karena semakin hari waktu jelang penetapan itu semakin singkat, sehingga kami pasti semakin dirugikan. Oleh karena itu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, maka kami meminta KPU segera turun lansung ke Malteng sesuai dengan janji yang diberikan kepada kami. Kasihan, masyarakat Malteng saat ini mendambakan proses tahapan hingga pemilihan nanti berjalan baik dan terbuka, sehingga tidak mengganggu sistim keamanan dan ketertiban masyarakat di Malteng,” tegasnya.

    Sementara itu, Komisioner KPU Maluku, Iriane Sosiawaty Pontoh yang dikonfirmasi Kompas Timur mengatakan, KPU Provinsi belum sempat mendatangi KPU Malteng untuk melakukan investigasi masalah dan meminta klarifikasi dari KPU Malteng karena saat ini seluruh komisioner KPU Provinsi sedang melakukan tugas keluar Kota, sehingga janji untuk ke Malteng untuk mengusut masalah tersebut belum juga dilakukan.

    “Kita akan menindaklanjuti apa yang telah dijanjikan beberapa waktu lalu. Kami tetap akan ke Masohi untuk menelusuri apa benar perkara yang disampaikan ke kami ini benar. Jika nanti terdapat temuan yang sengaja dilakukan oleh KPU Malteng sebagaimana yang telah disampaikan, maka kami akan memberikan sanksi secara internal berdasarkan aturan dan mekanisme yang telah ditetapkan,” ujar Pontoh.

    Ponto memastikan akan tetap melakukan investigasi masalah tersebut, paling lambat hari Sabtu (15/10) mendatang. Saat ini juga KPU Malteng juga sedang berangkat ke Jakarta untuk melakukan konsultasi dengan KPU Pusat menyangkut dengan masalah-masalah di lapangan pada proses tahapan yang telah dilaksanakan, sehingga kalau nanti ke Malteng itu KPU Maluku akan berhadapan dengan siapa disana, oleh karena itu maka KPU menjadwalkan akan ke Malteng pada Sabtu nanti.

    “Kita berharap agar sesuatu harus dilakukan sesuai dengan aturan serta mekanisme yang berlaku terhadap bagaimana memverifikasi syarat dukungan dari pasangan bakal calon independen. Kami akan lansung turun ke Malteng, dan mudah-mudahan juga dari hasil konsultasi KPU Malteng yang didampingi oleh salah satu Komisioner KPU Provinsi dapat membuahkan kepastian. Tapi yang pastinya kami akan turun lansung ke Masohi untuk melakukan investigasi masalah, dan rencananya kita akan kesana itu hari Sabtu nanti, karena kita harus berkejaran dengan waktu,” jelasnya. (KT-SH)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tak Mau Dirugikan, Tim Balon Independen Sambangi KPU Maluku Rating: 5 Reviewed By: Kompas timur
    Scroll to Top