• Headline News


    Saturday, June 23, 2018

    Parameter Konsultindo, Pasangan HEBAT Teratas



    Ambon, Kompastimur.com 
    PT. Parameter Konsultindo, Jumat 22 Juni 2018 merilis hasil survei Pilkada Maluku 2018. Hasil survei tersebut, ditemukan pasangan calon Herman Koedoeboan - Abdullah Vanath menduduki posisi teratas, dengan perolehan dukungan mencapai 33,07%. Sementara posisi kedua ditempati pasangan Murad Ismail - Barnabas Orno dengan perolehan dukungan 30,9%, kemudian disusul oleh Calon Incumbent Said Assagaf yang berpasangan dengan Andreas Rentanubun (SANTUN) dengan perolehan dukungan 29,91%.

    Sementara yang belum menentukan pilihan dan masih bisa direbut itu mencapai 6,93%. Dimana untuk mencuri jumlah voters sebanyak 6,93% itu harus disertai dengan treatmen dan konsolidasi yang harus dilakukan secara masif dan terukur oleh masing-masing tim dari pasangan calon gubernur Maluku yang ada saat ini.

    Survei yang dilakukan Parameter Konsultindo itu dalam rangka mengidentifikasi presepsi masyarakat terkait preferensi politik menuju Pilkada Maluku yang akan berlangsung tanggal 27 Juni nanti. Hal ini disampaikan Directur PT. Parameter Konsultindo, Edison Latapalelo kepada wartawan di Hotel Manise Kota Ambon, jumat 22 Juni 2018.

    Kata dia, survei itu dilakukan sejak tanggal 10 hingga 17 Juni 2018, dimana metode yang dipakai ialah multi stage random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 1200 sebagai sampel, dan dilakukan dengan sistim kuisioner, wawancara tatap muka. Margin of eror yang ditemukan mencapai kurang lebih 2,90%, dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.

    "Survei itu dilakukan mulai dari tingkat kesukaan dan dukungan masyarakat partai politik yang tengah bersaing dalam kontestasi memenangkan para pasangan calon maupun hingga tingkat penerimaan masyarakat terhadap potensi praktek politik uang atao money politic," ujar Edison.

    Dikatakan, riset yang dilakukan itu ditemikan sebanyak 66,08% masyarakat Maluku menginginkan lahirnya gubernur Baru di Maluku. Sementara yang ingin mempertahankan Gubernur yang laama mencapai 27,14%. Dan yang tidak tau atau yang tidak menjawab hanya mencapai 6,78% pendukung.

    Segmentasi masyarakat dalam memilih cagub dan cawagub 2018 itu dengan beragam alasan, diantaranya kesamaan suku dan Jazirah mencapai 30,4%, Agama 25,7%, kesamaan profesi kerja 15,2%, kesamaan ideologi politik 14,1%, kinerja dan prestasi 11% dan yang lainnya mencapai 3,6%.
    "Meskipun demikian, popularitas calon petahana masih tetap di atas yang mencapaai 97,17 %, kemudian disusul oleh pasangan HEBAT 95,17% kemudian disusul oleh paasangan calon BAILEO yang mencapai 85,32%," terangnya.

    Untuk tingkat aksebilitas pasangan SANTUN mencapai dukungan 65%,14%, pasangan BAILEO 90,11% dan pasangan HEBAT 95,17%. Sementara untuk elektabilitas pada H-6 jelang pemilihan, pasangan HEBAT semakin meningkat dengan angka persentasi mencapai 33,07%,Baileo 30,09% dan disusul oleh pasangan SANTUN sebanyak 29,91%, serta 6,93% masih tanda tanya.

    Dia menjelaskan, sebanyak 75,29% pendukung pasangan SANTUN tetap pada pilihan hingga waktu pemilihan, dan yang mengatakan masih bisa berubah itu  14,24 persen. Sefdangkan pendukung pasangan BAILEO tetap pada pilihan mencapai 72,09% dan yang menilai berubah sebanyak 15,23%. Sementara untuk pendukung HEBAT 80,30% yakin tetap bertahan dan yang berubah mencapai 9,16%.

    "Dengan waktu yang semakin dekat, maka harus diefektifkan semaksimal mugkin oleh tiap0tiap tim pemenangan dari pasangan calon. Sebab, dengan data yang ada saat ini semua paslon memiliki peluang yang sama. Pemetaan strategi kandidat dan tim harus teraplikasi secara baik agar dapat mengubah persepsi dan pilihan masyarakat dalam waktu tersisa ini," tandasnya. (KT-Rls)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Parameter Konsultindo, Pasangan HEBAT Teratas Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top