• Headline News


    Saturday, June 23, 2018

    Kemeriaan Prosesi Antar Sesaji Dusun Tanah Goyang Diwarnai Khataman Al Qur'an


    Huamual, Kompastimur.com 
    Khataman Al Qur'an Di Dusun tanah goyang Desa Lokki Kecamatn Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Provinsi Maluku dibuat sangatlah meriah oleh warga masyarakat setempat.
     
    Khataman Alquran dilakukan  setelah  sebulan  Ramadhan 1439 H/2018 M, tradisi tadarus membaca  Al-Qur'an, menelaah isi Al Qur'an selama 30 hari dalam bulan Ramadhan yang dibacakan baik yang muda maupun yang tua oleh warga Dusun Tanah Goyang itu sendiri.

    Khataman Al'quran  ini  dilakukan di mesjid Ataq'wa Dusun Tanah Goyang Desa Lokki Kecamatan Huamual Kabupaten SBB Provinsi Maluku,  Jumat (22/6).
    Pantau Media Kompas Timur Com Kegiatan ini di hadiri oleh Pejabat desa Loki  Demitri Yongki Riri, kepala Dusun Tanah Goyang Adb Taipabu, dan Pos Pol Subsektor Laala A.Matayene,  Tokoh agama , Tokoh pemuda, Tokoh masyarakat dan seluruh  masyarakat Tanah goyang.

    Tradisi Khataman Al Qur'an dusun tanah goyang diawali dengan  proses antar sesajian  makanan  oleh masyarakat Tanah Loyang, sajian di antar dengan Hadrat oleh seluruh masyarakat menuju Mesjid Attaq'wa Tanah Goyang.

    Tradisi  ritual antar sesajian oleh masyarakat Tanah Goyang, saat Khatam Qur'an pada lebaran hari ke 7 syawal merupakan  tradisi masyarakat tanah goyang  yang  sudah  ada sejak dahulu kala yang di lakukan oleh leluhur masyarakat Tanah Goyang.

    Hal ini sampaikan oleh Ketua Panitia hari besar islam (PHBI) Dusun Tanah Goyang Desa Lokki Kecamatan Huamual Kabupaten SBB, Provinsi Maluku Fadly Boufakar Saat proses Khataman Qur'an berjalan.

    "Dulu leluhur kami masyarakat tanah goyang menggelar antar sesajian saat Khatam Qur'an menggunaan  Loyang,  kami sebagai generasi muda melestarikan-nya." Jelas Bufakar

    Lanjut Ketua PHBI Khatam Qur'an Di lakukan setelah sebulan Ramadhan masyarakat tanah goyang  melakukan Tadarus membaca Qur'an Di mesjid.

    " Jadi ini merupakan tradisi kami setelah selesai tadarus pada bulan puasa ," tutup Boufakar (KT-MFS).

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kemeriaan Prosesi Antar Sesaji Dusun Tanah Goyang Diwarnai Khataman Al Qur'an Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top