• Headline News


    Monday, April 1, 2024

    Kolaborasi SMKN 3 Ambon & LDK Al-Ikhwan Unpatti Gelar Sanlat Ramadhan 2024

    Ambon, Kompastimur.com
    SMK Negeri 3 Ambon dalam memeriahkan bulan suci ramadhan selalu melaksanakan Pesantren Kilat (Sanlat) antara murid dan para guru.

     

    Namun kali ini SMKN 3 Ambon  berkolaborasi dengan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Ikhwan Unpatti Ambon menggelar kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan (PKR) secara bersama yang berlangsung selama dua hari, di mulai dari Sabtu 30 Maret - Minggu 31 Maret 2024 di Ruang Aula SMK Negeri 3 Ambon.

    Kegiatan PKR yang mengusung Tema," Maknai Ramadhan Bersama Gen Z" ini melibatkan Siswa-siswi Kelas X dan XI SMKN 3 Ambon dan 30 Orang Peserta dari LDK Al-Ikhwan Unpatti, terdiri dari 20 orang peserta laki - laki dan 10 orang peserta perempuan.


    Menurut Syarifudin Lisaholet sebagai ketua panitia pelaksana PKR dan juga merupakan Guru SMK Negeri 3 Ambon, bahwa PKR ini bertujuan untuk memaknai bulan suci ramadhan sekaligus merupakan salah satu komponen strategis dalam pembinaan moralitas (Akhlak), membentuk mental dan  karakter anak didik menjadi lebih baik.

    "Adapun tujuan lainnya yaitu pengembangan skill sebagai generasi muda dalam menghadapi masa-masa yang akan datang," ungkap Udin kepada media ini di sela- sela kegiatan pada Sabtu (30/3/2024).


    "Untuk pelaksanaan Pesantren Kilat (Sanlat) SMK Negeri 3 Ambon biasanya mengundang sekolah SMK lainnya untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan secara bersama-sama tapi untuk kali ini dari LDK Al-Ikhwan Unpatti meminta SMKN 3 Ambon berkolaborasi bersama-sama dengan mereka dan atas permintaan itu maka SMKN 3 Ambon mengambil inisiatif baik  melaksanakannya dengan LDK Al-Ikhwan Unpatti Ambon," Sambungnya.


    Ia menjelaskan, kegiatan PKR sangat bermanfaat bagi peserta didik terlebih generasi muda sebagai ujung tombak pembangunan bangsa.

    Ia berharap kolaborasi ini terus berlanjut untuk pembinaan terhadap anak -  anak dan selanjutnya bukan digelar disaat bulan suci ramadhan saja tetapi pembinaan ini berlanjut terus pada bulan selanjutnya karena SMK Negeri 3 Ambon setiap hari Jumat melakukan pembinaan untuk anak anak Muslim.


    "Maka setelah Ramadhan diharapkan ada kolaborasi untuk kegiatan seperti ini sehingga dapat di gelar pada setiap jumat," harap Udin.


    Di tempat yang sama, Ketua bidang external LDK Al-Ikhwan Unpatti, Hidayat Polpoke mengatakan kegiatan kolaborasi ini dalam bentuk partisipasi LDK Unpatti Ambon dengan SMKN 3 untuk memperkuat keilmuan generasi muda di masa kini dan masa yang akan datang.


    "Adapun materi PKR yang di paparkan antara lain, kalbitas tapshari yang di bawakan oleh indra Romasokul dan Tilawah Qur'an yang dibawakan oleh Ustad Jihan Ulalalsawaki dan materi ketiga yaitu prestasi hebat akan dipaparkan pada hari Minggu oleh Indiputri Alhamit," terang Polpoke.

    Sementara, Irajan Thahlim sebagai ketua bidang siar bidang Dakwah dan kehormatan LDK Unpatti mengatakan, semoga kegiatan PKR dapat menambah semangat dan spirit mereka sekaligus mensupport mereka dengan ilmu- ilmu yang lebih religius dan berorientasi pada kampus Unpatti.


    "Kami harap kelak ketika mereka lulus dan masuk pada universitas perguruan tinggi mereka sudah bisa menyesuaikan dengan jaman mereka sesuai materi yang diberikan pada kegiatan PKR ini," pungkas Irajan. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kolaborasi SMKN 3 Ambon & LDK Al-Ikhwan Unpatti Gelar Sanlat Ramadhan 2024 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top