• Headline News


    Monday, March 11, 2024

    Pemkot Ambon dan Ameks Institute Gelar Workshop Wawasan Kebangsaan untuk Wartawan

    Ambon, Kompastimur.com –  Pemkot Ambon bekerja sama dengan Ambon Ekspress Institute menyelenggarakan workshop penguatan wawasan kebangsaan untuk wartawan di Kota Ambon menjelang pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.


    Acara ini dibuka oleh Pj. Walikota Ambon Bodewin Wattimena pada hari Senin, 11 Maret 2024, di Graha Ambon Ekspress.


    Pj. Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengatakan pentingnya peran pers dalam mewujudkan demokrasi di Indonesia, karena Pers dianggap sebagai lembaga yang objektif, independen, dan dapat menjaga kebebasan pers.


    Bodewin juga menekankan bahwa kebebasan pers harus bertanggung jawab dan dibingkai dalam semangat kebersamaan untuk membangun dan menjaga negara, termasuk Kota Ambon.


    “Workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman komprehensif kepada wartawan tentang posisi, peran, dan tanggung jawab mereka dalam memperbaiki demokrasi dan menjaga empat pilar kebangsaan,” harap Bodewin.


    Katanya, pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 semakin dekat dan situasinya semakin memanas. Ia mengingatkan bahwa kontestasi ini harus menghasilkan kompetisi yang menjunjung tinggi nilai-nilai positif dan tidak merugikan pihak lain.


    “Tantangan yang dihadapi adalah upaya pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan mereka sendiri, termasuk memutar fakta dan menyerang orang lain melalui media,” ungkap Bodewin



    Bodewin juga menekankan pentingnya membangun tema kota Ambon yaitu “Ambon par samua” (Ambon untuk semua) sebagai cara hidup dan perilaku masyarakat Ambon.


    “Dalam tema ini, kebenaran diakui sebagai kebenaran dan kesalahan diakui sebagai kesalahan, dengan upaya untuk adil,” imbuh Bodewin.


    Sekedar diketahui, Workshop ini diisi oleh narasumber terpilih, termasuk Ketua KPU Kota Ambon, Ketua Bawaslu Kota Ambon, Kepala Badan Kesbangpol Kota Ambon, seorang akademisi, dan seorang tokoh pers. (MS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Ambon dan Ameks Institute Gelar Workshop Wawasan Kebangsaan untuk Wartawan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top