• Headline News


    Monday, March 11, 2024

    Pelaksanaan ujian berakhir, Mapussa : Output SMA Negeri 6 Ambon Jadi OutCome untuk Kemasyarakatan & Dunia Kerja

    Ambon, Kompastimur.com
    Berdasarkan petunjuk teknis (Juknis) dari Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Maluku maka SMA Negeri 6 Ambon telah melaksanakan ujian sekolah untuk kelas XII tahun ajaran 2023/2024. Ujian berlangsung selama 6 hari terhitung dari tanggal 04 sampai 09 Maret 2024  dengan baik.


    Demikian hal ini di sampaikan oleh Kepala sekolah SMA Negeri 6 Ambon, Wempie Matheos Gideon Mapussa

    S.Pd.,M.Pd kepada Media ini di hari terakhir ujian, Sabtu (09/03/2024).


    "Dalam satu hari mereka mengerjakan dua mata pelajaran selama 6 hari berturut-turut," ujarnya.


    Selanjutnya Mapussa mengatakan,

    sebelum masuk ke ruangan ujian tepat pada Pukul 07.00 WIT, di lakukan proses doa bersama di iringi pembacaan tata tertib (tatib).


    "Ini dilakukan sehingga proses masuk ruang ujian anak-anak dapat merasakan bahwa mereka benar - benar ada dalam proses ujian sekolah," tuturnya.


    Pelaksanaan ujian sekolah diikuti oleh 113 peserta didik SMA Negeri 6 Ambon terdiri dari Program IPA 44 Peserta didik dan IPS sebanyak 69 Peserta didik dengan 7 ruang kelas yang dipergunakan untuk pelaksanaan ujian.


    Ia menjelaskan, SMA Negeri 6 Ambon juga mempersiapkan 1 ruang ujian khusus bagi siswa yang terlambat. Kegunaannya untuk mengantisipasi terjadinya hal - hal yang dapat mengganggu teman lain yang sedang melaksanakan ujian.


    "Namun sampai dengan hari terakhir semuanya boleh berlangsung dengan baik tidak ada siswa yang terlambat dan tidak ada kendala sedikitpun," imbuh Mapussa.


    Ia menyebut, dengan berbasis pensil dan kertas proses ujian sekolah dapat berjalan dengan lancar, tuntas dan sukses.


    Sebagai pimpinan sekolah dan lembaga, Mapussa berharap  output dari SMA Negeri 6 Ambon harusnya menjadi outcome untuk kemasyarakatan maupun dunia kerja serta dunia kemandirian.


    Apalagi, sekolah menengah mereka harus melanjutkan ke perguruan tinggi dengan mengembangkan potensi yang ada.


    "Jangan berleha - leha dengan ijazah SMA setidaknya harus mempunyai kualifikasi ijazah S2 mengingat mereka adalah generasi penerus yang baik kelak akan menggantikan generasi yang ada saat ini dengan harapan terbesar mereka dapat menyelesaikannya dengan baik dan lancar sehingga dapat membanggakan lembaga Pendidikan SMA Negeri 6 Ambon, membanggakan orang tua sendiri, dan teristimewa menjadi kebanggaan terbesar bagi Tuhan sang pemilik hidup ini," pesan Mapussa.


    "Jika sudah membanggakan ketiga hal itu maka mereka pasti dapat melakukan yang terbaik dalam kehidupan mereka," pungkasnya. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pelaksanaan ujian berakhir, Mapussa : Output SMA Negeri 6 Ambon Jadi OutCome untuk Kemasyarakatan & Dunia Kerja Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top