• Headline News


    Saturday, March 9, 2024

    Ada Kejahatan Pemilu di PPK Tutuk Tolu, Caleg Dirugikan

    SBT, Kompastimur.com
    Dugaan penggelembungan suara yang dilakukan oleh PPK Kecamatan Tutuk Tolu Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dinilai sangat merugikan caleg nomor urut 4 Samad Rumakabis dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hal ini diungkapkannya dihadapan wartawan pada, Jumat (8/3/2024) di Bula.


    Menurut Samad, rekapitulasi ditingkat kecamatan oleh PPK Tutuk Tolu awalnya berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada masalah, karena proses rekapitulasi didasarkan pada hasil yang tertuang dalam Model C-Hasil maupun Model C-Salinan sehingga tidak terjadi perdebatan, namun perolehan angka pada caleg nomor urut 1 dari partai PAN atas nama Muhaimin Lakatiry berubah naik setelah penetapan hasil rekapitulasi di tingkat Kecamatan.


    Samad merincikan, perolehan suara berdasarkan berita acara Model C-Hasil dan C-Salinan pada 25 TPS yang tersebar di Kecamatan Tutuk Tolu Caleg nomor urut 1 Muhaimin Alkatiry tersebut perolehan suaranya sebanyak 232 suara, sementara angka tersebut berubah naik pada penetapan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan sebanyak 366 suara. 


    Dirinya yang berada pada nomor urut 4 merasa sangat dirugikan oleh penyelenggara ditingkat kecamatan tersebut karena dengan penggelembungan suara itu maka dirinya tergeser dari posisi sebagai pemenang di internal PAN


    "Ini kejahatan yang cukup luar biasa, ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, Kami berharap KPU dan Bawaslu SBT secara arif dan bijaksana melihat persoalan ini, kita semua bertanggungjawab melindungi hak-hak rakyat," tegasnya.


    Untuk itu, Samad yang juga anggota DPRD aktif ini mengajak semua pihak, terutama kepada para peserta Pemilu agar bersama-sama mengawal hasil pemilu ini dengan baik, sehingga tidak ada peserta pemilu yang dirugikan akibat ulah dari para penyelenggara ditingkat kecamatan (PPK)


    "Kemenangan kami ini terzalimi oleh PPK Tutuk Tolu, saya meminta kepada rekan-rekan peserta Pemilu mari sama-sama mengawal proses ini secara baik," harap Samad.


    Berikut jumlah perolahan suara Caleg PAN Dapil II (Kecamatan Seram Timur, Tutuk Tolu, Kelimury, Siritaun Wida Timur dan Kiandarat)  nomor urut 1 Muahaimin Alkatiry 1.167, nomor urut 2 Kamaluddin Rumakway 190 suara, nomor urut 3 Farida Rumuar 9 suara, nomor urut 4 Samad Rumakabis 1.288, nomor urut 5 Muhammad Adnan Hatala 79 suara, nomor urut 6 Siti Kamah Kelian 3 suara, dan nomor urut 7 Palembang Kwaikamtelat 674 suara sementara total suara partai 60 sehingga total perolehan Partai PAN di dapil II sebanyak 3.470. (KT-FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ada Kejahatan Pemilu di PPK Tutuk Tolu, Caleg Dirugikan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top