• Headline News


    Saturday, January 6, 2024

    Wattimena: Pemkot Ambon Akan Gratiskan Biaya Pendidikan

    Ambon, Kompastimur.com
    Pemkot Ambon dibawa kepemimpinan Penjabat Walikota, Bodewin Wattimena terus berupaya memajukan kota Ambon kerah yang lebih baik. Salah satunya, bakal menggratiskan biaya pendidikan bagi anak-anak yang duduk di bangku pendidikan.


    Dimana pada tahun 2024 ini akan berupaya meringankan biaya pendidikan, dan jika dimungkinkan, maka akan digratiskan biaya pendidikan di Kota Ambon.


    Pernyataan ini disampaikan langsung oleh penjabat walikota Ambon, Bodewin Wattimena, beberapa waktu lalu saat memimpin apel perdana awal tahun 2024 bersama dengan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah kota Ambon di lokasi Pattimura Park awal tahun 2024.


    Usai apel, Bodewin mengatakan apa yang disampaikannya dalam apel di hadapan para ASN pemerintah kota Ambon adalah suatu keinginan di tahun 2024 ini agar seluruh biaya pendidikan di kota Ambon digratiskan.


    Bodewin menjelaskan, dengan alokasi anggaran APBD untuk bidang Pendidikan yang disediakan sebanyak 20 persen, maka terbuka kemungkinan bagi seluruh warga kota Ambon untuk dapat mengakses pendidikan murah, layak bahkan gratis.


    "Jadi tahun 2024 ini, setiap sekolah yang melakukan penguatan kepada siswa, harus dibuat kesepakatan dengan baik, sehingga tidak terkesan ada unsur pemaksaan, seperti yang terjadi di beberapa sekolah pada tahun 2023 lalu,” ujar Wattimena di hadapan wartawan.


    Dirinya kembali mengingatkan agar setiap sekolah tidak lagi mengulangi hal yang sama, yaitu melakukan pungutan biaya tertentu kepada siswa dengan berbagai dalih yang dibuat tanpa adanya kesepakatan bersama dengan para orang tua siswa.


    ”Jangan sampai ada pungutan liar lagi,” tegasnya.


    Menurut Wattimena, jika alokasi anggaran APBD 20 persen yang diperuntukkan untuk bidang Pendidikan di Kota Ambon dapat dikelola dengan baik, maka kemungkinan biaya sekolah akan lebih rendah dan tidak tertutup kemungkinan untuk digratiskan bagi seluruh warga kota Ambon.


    "Jika di kelola dengan baik anggaran 20 persen itu tak menutup kemungkinan biaya sekolah akan gratis," tandasnya. (MS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wattimena: Pemkot Ambon Akan Gratiskan Biaya Pendidikan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top