• Headline News


    Saturday, January 6, 2024

    Timsel Kecolongan, Peserta Hubungan Perkawinan Sesama Penyelenggara Lulus

    SBT, Kompastimur.com
    Tim seleksi KPU kabupaten/kota zona 1 yang terdiri dari kabupaten Maluku Tengah, Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur dan kota Ambon dinilai kecolongan. Hal ini diungkapkan oleh salah satu Pemuda SBT, Ferdi Suwakul pada, Sabtu (06/01/2024/)


    Menurutnya, peserta dengan nama lengkap Abdullah Wajo yang dinyatakan lulus berdasarkan pengumuman Timsel dengan Nomor 14/TIMSELKABKOT.01.XI-Pu/03/81/2023 tentang hasil seleksi tertulis dan tes psikologi bakal calon anggota KPU kabupaten/kota merupakan bentuk kecolongan dan kekeliruan Timsel, karena yang bersangkutan memiliki hubungan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu yaitu istrinya yang saat ini menjabat sebagai anggota PPK Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur.


    "Timsel kecolongan, atau mungkin tidak tahu, namun hal ini bertentangan dengan ketentuan, sehingga yang bersangkutan sudah harus di gugurkan pada tahapan seleksi administrasi, anehnya masih terus diluluskan pada tahapan tes tulis dan psikologi," ucap Ferdi.


    Untuk itu, tanggapan dan masukan masyarakat telah disampaikan ke Timsel melalui email Timsel, dan dokumen fisik telah dimasukan, namun ada informasi berkembang bahwa dokumennya belum sampai ditangan timsel, sehingga dirinya menduga ada yang tidak beres dalam internal timsel.


    "Tanggapan dan masukan masyarakat sudah saya layangkan, jika belum sampai ditangan Timsel maka pasti ada yang tidak beres," ucapnya.


    Ditambahkan, kelalaian Timsel tersebut tidak dapat di tolerir karena karena telah mencederai semangat UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, sehingga sampai pada tahapan akhir peserta yang memiliki hubungan perkawinan masih dinyatakan lulus dan ditetapkan sebagai anggota KPU kabupaten/kota, maka masalah tersebut akan diadukan ke DKPP.


    "Saya siap adukan KPU RI ke DKPP jika yang bersangkutan ditetapkan pada tahapan akhir nanti," tutupnya. (KT-FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Timsel Kecolongan, Peserta Hubungan Perkawinan Sesama Penyelenggara Lulus Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top