• Headline News


    Monday, January 1, 2024

    Orang Asing Pemegang Visa Kunjungan Bisa Melakukan Perpanjangan Izin Tinggal Secara Online

    Jakarta, Kompastimur.com
    Warga Negara Asing yang berkunjung ke Indonesia kini bisa mengurus perpanjangan izin tinggal secara online melalui website evisa.imigrasi.go.id.


    Direktur Jenderal Imigrasi Siimy Kanm menjelaskan layanan baru ini diperuntukan bagi orang asing pemegang visa kunjungan yang berada di indonesia. 


    “Imigrasi terus melakukan perbaikan layanan melalui strategi digttalisasi. Layanan baru ini dibuat dengan tujuan memudahkan dan mempercepat proses perpanjangan izin tinggal yang semula harus datang ke kantor imigrasi. Sekarang bisa melalui online dan tidak diperiukan lagi peneraan pada paspor karena langsung dikirim ke email pemohon. Jadi mulai dari proses pengajuan visa dan perpanjangan izin tinggal bisa secara online, cukup melalui website yang disediakan oleh Ditjen Imigrasi,” jelasnya dalam rilis yang diterima media ini, Minggu (31/12/2023).


    Beberapa jenis visa yang dapat diperpanjang secara online saat ini adalah visa dengan tujuan kunjungan wisata (indeks C1), pengobatan (indeks C3). urusan pemerintahan (indeks C4), kursus singkat (indeks C9), dan kunjungan bisnis (indeks C11).


    Sementara itu, izin tinggal kunjungan yang perpanjangannya dapat diproses melalui evisa.imigrasi.go.id untuk jenis-jenis visa yang disebutkan sebelumnya yakni: 


    a. Extend Tourism Stay Permit (indeks C1A1) 

    b. Extend Medical Treatment Stay Permit (indeks C3A2) 

    c. Extend Government Business Stay Permit (indeks C4A3) 

    d. Extend Short Course Stay Permit (indeks C9A3) 

    e. Extend Exhibitor Stay Permit (indeks C11A4) 

    Fitur baru ini telah melalui proses uji coba dan akan diterapkan mulai tanggal 31 Desember 2023 sekaligus menandai pergantian tahun. Melalui evisa imigrasi go id orang asing dapat lebih nyaman tinggal di Indonesia melalut seamless expenence dalam pengurusan visa dan izin tinggal. 


    “Pengembangan sistem pelayanan keimigrasian secara online yang dilakukan oleh Imigrasi secara berkelanjutan merupakan komitmen kami dalam hal digitalisasi. Tim kami terus melakukan studi, observasi dan evaluasi terhadap perkembangan kebutuhan masyarakat agar bisa mempersembahkan yang terbaik,” pungkas Siimy. (AJP/Rls)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Orang Asing Pemegang Visa Kunjungan Bisa Melakukan Perpanjangan Izin Tinggal Secara Online Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top