• Headline News


    Saturday, January 13, 2024

    Jamin Kesehatan Petugas Pemilu, BPJS Kesehatan Kerjasama Dengan Bawaslu Provinsi Maluku

    Ambon, Kompastimur.com - Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tahun 2024, serta menjamin perlindungan Kesehatan terhadap penyakit dan kematian dari Petugas Penyelenggara Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Maluku, Rabu (10/01/24).


    Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assegaf menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan berkeinginan untuk memastikan perlindungan kesehatan kepada penyelenggara Pemilu melalui screening riwayat kesehatan dan memastikan keaktifan peserta Petugas dalam Pemilu dan Pilkada.


    “Screening riwayat kesehatan dilakukan salu kali dalam setahun kepada setiap Peserta BPJS Kesehatan yang berusia diatas 15 tahun. Dan hal ini bisa dilakukan melalui website screening. Setelah Petugas Penyelenggara Pemilu dan Pilkada selesai melakukan screening riwayat kesehatan, dan memiliki risiko penyakit, maka diharapkan agar mereka melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” ucapnya.


    Pada kesempatan yang sama, Kelua Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Maluku, Subair menyambut baik koordinasi bersama BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon.


    “Skrinning kesehatan memang adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan, karena untuk memastikan Petugas Penyelenggara Pemilu dan Pilkada di Provinsi Maluku maupun di daerah kabupaten/kota semuanya berada dalam keadaan sehat walafiat sebelum dan selama Pemilu,” ujar Subair.


    Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Datim, Astuti Usman mengharapkan agar Petugas yang berada di kabupaten/kota yang tidak memiliki jaringan data yang memadai untuk mengakses website screening riwayat kesehatan agar dibantu atau diberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut.


    “Cakupan wilayah Provinsi Maluku ini terdiri dari kabupaten/kota yang mana beberapa daerah kabupaten belum memiliki jaringan internet yang memadai sehingga akan terkendala untuk mengakses website Screening, kira-kira bagaimana mengatasi hal tersebut atau solusi dari pihak BPJS Kesehatan seperti apa,” tutur Astuti.


    Menanggapi hal tersebut, Kepala Bagian Penjaminan Manfaat dan Uulisasi, dokter Andi Muhammad Dahrul Muluk menyampaikan bahwa untuk mengatasi keterbatasan jaringan pada daerah kabupaten terpencil maka akan diberikan formulir Screening riwayat kesehatan.


    “Tidak bisa dipungkiri bahwa di wilayah Provinsi Maluku ini masih ada daerah kabupaten yang belum didukung oleh jaringan data yang memadai, sehingga untuk mengatasi hal tersebut maka kami akan memberikan formulir Screening Riwayat kesehatan kemudian jika sudah selesai diisi, nanti kami dari pihak BPJS Kesehatan yang akan menginput pada website Screening,” jelas Andi.


    Andi menambahkan bahwa dirinya berharap agar Screening Riwayat kesehatan ini dapat diisi sebelum terselenggaranya Pemilu dan Pilkada Tahun 2024


    “Kami berharap agar sebelum Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 ini dimulai, semua Petugas Penyelenggara Pemilu dapat mengisi Screening riwayat kesehatan sehingga bisa dipilah mana yang memiliki resiko rendah atau resiko tinggi riwayat penyakit. Selanjutnya jika ada Petugas yang memiliki resiko tinggi maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ucap Andi.


    Pada akhir perbincangan, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair mengucapkan terima kasih Kepada BPJS Kesehatan karena telah berkoordinasi terkait implementasi surat edaran bersama tentang pelaksanaan Screening riwayat kesehatan dan optimalisasi kepesertaan Aktif Program Jaminan Kesehatan Nasional bagi petugas penyelenggara Pemilu.


    “Salah satu agenda pembahasan ini juga, kami akan melaporkannya kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam rapat bersama yaitu Screening riwayat kesehatan petugas Pemilu dan status keaktifan peserta dalam Program JKN, sehingga hasil dari pertemuan kita ini dapat saya laporkan progressnya pada saat rapat,” tandasnya. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jamin Kesehatan Petugas Pemilu, BPJS Kesehatan Kerjasama Dengan Bawaslu Provinsi Maluku Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top