• Headline News


    Sunday, December 3, 2023

    Peringatan Hari Bakti PUPR ke-78, Ini Kata Menteri Basuki Hadimuljono

    Ambon, Kompastimur.com
    Menteri PUPR Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono menyampaikan menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi kepada seluruh insan PUPR atas kerja keras dan dedikasi yang tinggi selama ini. 


    Dimana dengan kekompakan dan kerjasama tim, PUPR telah berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan amanah pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur ekonomi maupun infrastruktur sosial yang sangat dibutuhkan masyarakat.


    "Tugas dan amanah tadi adalah wujud dari kepercayaan yang tinggi yang diberikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, sekaligus cermin dari harapan yang besar dari masyarakat atas hadirnya infrastruktur yang berkualitas," demikian kata Menteri Basuki Hadimuljono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Maluku, Sadali Ie pada saat upacara Peringatan Hari Bakti PUPR ke-78 di Ambon, Minggu (3/12/2023).


    Ia menegaskan bahwa Kementerian PUPR telah melaksanakan dan mendukung penyelenggaraan event- event internasional, seperti KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), 2023 FIBA Basketball World Cup di kompleks GBK, serta Piala Dunia U- 17 2023 di 4 provinsi yang menjadi tuan rumah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 


    Kemudian PUPR melanjutkan pembangunan infrastruktur dasar di IKN meliputi bendungan, air baku, jalan tol, jalan nasional, jalan logistik, kantor-kantor pemerintahan, IPA, IPAL dan TPST, serta hunian pekerja. 


    "Pembangunan infrastruktur dasar ini telah memberikan dampak positif dengan masuknya investor, seperti pembangunan rumah sakit, hotel, komersial, retail, kantor serta pusat pengembangan olahraga serta melanjutkan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dimana 88 PSN telah selesai (seperti bendungan, jalan tol, irigasi, sistem penyediaan air minum, dan Program Satu Juta Rumah). Selanjutnya, ditargetkan sebanyak 40 PSN lainnya akan selesai di akhir tahun 2023 hingga akhir tahun 2024," jelas Menteri PUPR.


    “Kementerian PUPR juga melanjutkan pembangunan infrastruktur kerakyatan, terutama di desa-desa, melalui program Padat Karya Tunai (PKT) untuk membantu menyediakan lapangan kerja dan menambah penghasilan bagi 5,4 juta orang. Sejak 2016 hingga 2023, telah dibangun pula tidak kurang dari 583 jembatan gantung, 29 pasar rakyat, dan 1,35 juta unit rumah swadaya," ujarnya.


    Sesuai Inpres No. 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, Kementerian PUPR memulai penanganan jalan daerah sejak Juli 2023 sepanjang 3139 km dan 2682 meter jembatan di 33 Provinsi. 


    Diharapkan semua pekerjaan dapat di tuntaskan pada akhir 2023 dan akan kita lanjutkan di tahun berikutnya.


    “Seluruh capaian pembangunan infrastruktur PUPR diatas dapat terwujud karena kerja keras, kekompakan, kebersamaan dan kerjasama dari seluruh unsur terkait, termasuk mitra kerja PUPR,” ungkapnya.


    Tahun 2024 merupakan tahun politik yang tahapan Pemilihan Umum-nya telah dimulai tahun ini hingga akan dilaksanakan pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. 


    Tentu saja eskalasi politis akan semakin tinggi. Untuk itu pihaknya mengingatkan para insan-insan keluarga besar PUPR untuk mengedepankan netralitas, tidak ikut dalam kegiatan politik praktis.


    Laksanakan tugas dan amanah menyelenggarakan pembangunan dan pengelolaan infrastruktur secara profesional dan loyal pada perintah pimpinan nasional.


    “Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan, pegawai, jajaran dan seluruh mitra kerja Kementerian PUPR atas kinerja dan dedikasinya di tahun 2023 ini," tandasnya. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peringatan Hari Bakti PUPR ke-78, Ini Kata Menteri Basuki Hadimuljono Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top