• Headline News


    Sunday, November 26, 2023

    Wattimena Apresiasi Kegiatan Arca Kristus

    Ambon, Kompastimur.com
    Pj.Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena memberikan apresiasi sekaligus membuka kegiatan perarakan arca Kristus raja semesta alam sewilayah kota Ambon, yang dilakukan oleh Panitia perarakan arca Kristus raja semesta alam sewilayah kota Ambon.


    Kegiatan bertempat di Gereja Katolik St. Joseph Passo, Sabtu (25/11/2023).


    Turut hadir ketua Klasis GPM pulau Ambon timur, pimpinan TNI/Polri, pembina raja dan saniri negeri Passo, ketua komisi 1 DPRD kota Ambon Jafri Taihutu, Anggota DPRD provinsi Maluku Edison Sarmanela, Pembina Katolik, Islam, Hindu, Budha, dan kepala bidang Kristen protestan, Kanwil Kementerian agama Provinsi Maluku, pastori wilayah kota Ambon, biarawati sekota Ambon, dan pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon.


    Tema arca Kristus raja semesta alam sewilayah kota Ambon adalah, “Perayaan Kristus Raja semesta alam kita wujudkan Kota Ambon yang damai toleran dan sejahtera”, yang artinya hidup bermasyarakat dengan semangat toleransi yang tinggi, semangat persaudaraan yang kuat, dalam bingkai kota Ambon.


    Pj. Walikota Ambon dalam sambutannya sebagai ungkapan apresiasinya sekaligus membuka kegiatan, mengatakan dalam kalender liturgi Gereja Katolik perayaan Kristus Raja semesta alam, merupakan sebuah perayaan kerajaan yang mengingatkan umat beriman akan janji kedatangan Kristus sang raja semesta alam untuk kedua kalinya, yang selalu dirayakan pada hari minggu terakhir dalam setiap bulan November.


    “Perayaan ini juga merupakan perayaan gereja yang mengakhiri rangkaian 1 tahun liturgi gereja sebelum umat beriman Katolik memasuki rangkaian tahun liturgi baru, pada pekan pertama masa Advent atau masa persiapan langsung perayaan natal Kristus,” jelasnya.


    Dirinya berharap, melalui kegiatan ini konsep tentang Maluku, konsep tentang Ambon sebagai provinsi dan kota toleran itu bisa terus kita jaga dan kita pertahankan.


    Sementara pesan dari Gubernur dan istri yang disampaikan oleh Pj. Walikota Ambon menuturkan tanggung jawab besar kita hari ini adalah menjaga Maluku dan Kota Ambon ini supaya tetap aman.


    Penyelenggaraan perayaan Kristus raja semesta alam tahun 2023, merupakan agenda liturgi Gereja Katolik yakni pada penutupan tahun liturgi Gereja Katolik tanggal 26 November besok, yang ditandai dengan perayaan perarakan Kristus Raja semesta alam.


    Perayaan Perarakan ini sudah dilaksanakan setiap tahunnya di wilayah Paroki Passo Baguala, Namun karena beberapa hal seperti kondisi covid yang pernah di alami, sehingga perayaan Perarakan ini sempat tertunda, dan untuk tahun ini perayaan perarakan arca kembali dilakukan secara keseluruhan di wilayah Kota Ambon.


    Tujuan dari pelaksanaan ini adalah, pemaknaan perarakan arca Kristus raja semesta alam bukan saja membawa kedamaian di Kota Ambon, namun merupakan rasa syukur yang tertinggi bagi sang pencipta, bahwa telah menganugerahkan kasih setianya, memberikan Rahmat berkat, dan memberikan perlindungan dalam segala aktivitas kehidupan dunia teristimewa di Kota Ambon. (MS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wattimena Apresiasi Kegiatan Arca Kristus Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top