• Headline News


    Thursday, November 23, 2023

    Bawaslu Maluku Minta Media Jadi Pilar Penguat Penyelenggara Pemilu

    Ambon, Kompastimur.com - Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair meminta agar media yang ada di Maluku bisa menjadi pilar dalam menguatkan penyelenggara yakni Bawaslu dan KPU.


    "Kami harap media bisa menjadi pilar yang bisa menguatkan penyelenggaraan dalam menggelar Pemilu. Karena dalam penyelenggaraan Pemilu kepercayaan publik ini sangat penting dan bisa dipercaya oleh peserta, dipercaya oleh pemilih dan dipercaya oleh semua pihak," ucap Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair di sela-sela kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipasi Bersama Media Masa dan MoU bersama Organisasi Profesi Jurnalis IJTI Maluku, AJI Ambon serta KPID Maluku, Rabu (22/11/2023).


    Menurutnya, tingkat pengawasan partisipatif Pemilu 2024 turut dipengaruhi oleh keberadaan media. Media miliki peranan penting karena sebagai corong dalam memberikan edukasi, sosialisasi serta pendidikan politik guna mewujudkan Pemilu yang berkualitas.


    "Saya menyadari sebagai orang biasa anggota Bawaslu di setiap jajaran itu tidak sempurna tapi kita  sebagai komisioner baik di KPU maupun Bawaslu perlu dukungan dari media masa dan saya yakin masalah-masalah yang terjadi bisa diselesaikan dengan baik," paparnya.


    Ia berharap, media dalam menyampaikan informasi terkait dengan Pemilu yang ada kaitannya dengan penyelenggara maka diminta kebijaksanaan media, dimana dalam pemberitaan harusnya ada konfirmasi terlebih dahulu.


    "Hari ini publik sangat gampang dipengaruhi oleh pemberitaan media, karena media bisa menggiring opini publik dimana pun dan kami berharap giringan ini bisa mengarah ke sesuatu yang baik dan positif serta menguatkan para penyelenggara demi terlaksananya Pemilu yang aman," tandasnya.


    Sekedar diketahui, penandatanganan MoU ini dilakukan pada pelaksanaan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Media Massa di Kota Ambon yang juga diikuti perwakilan organisasi masyarakat, Partai Politik maupun calon perseorangan. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bawaslu Maluku Minta Media Jadi Pilar Penguat Penyelenggara Pemilu Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top