• Headline News


    Sunday, October 1, 2023

    Pemkot Ambon Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    Namrole, Kompastimur.com
    Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Minggu (1/10/2023), Pemerintah Kota (Pemkot) Ambo menggelar upacara yang berlangsung di halaman kantor Pemkot Ambon. 


    Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse yang turut dihadiri oleh Pimpinan OPD dan sejumlah pegawai di lingkup Pemkot Ambon.


    Upacara diawali dengan laporan komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Dilanjutkan dengan penghormatan pasukan kepada Inspektur Upacara yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta.


    Setelah mengheningkan cipta, prosesi upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang ditirukan oleh seluruh peserta. Berikut, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945, pembacaan ikrar dan ditutup dengan doa.


    Usai upacara, Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse kepada wartawan mengatakan, semua masyarakat Indonesia termasuk warga kota Ambon harus berterima kasih kepada para pahlawan yang karena jasa mereka peristiwa ini bisa terjadi dan Pancasila tetap dipertahankan menjadi dasar NKRI.


    "Kita selaku warga negara khususnya ASN Kota Ambon, kita harus berterima kasih bahwa peristiwa ini kita bisa ikuti dengan baik. Kalau kita melihat perjuangan para pahlawan sampai pengorbanan jenderal-jenderal dibunuh hanya untuk satu yaitu Indonesia, NKRI," ucap Haumasse.


    Oleh karena itu, hari ini Pemerintah Kota Ambon walaupun dalam suasana Ibadah perjamuan kudus oleh umat Kristiani khususnya Gereja Protestan Maluku tetapi masih banyak juga yang datang untuk upacara.


    "Teman-teman yang Kristen juga datang walaupun hari ini ada ibadah perjamuan Kudus tapi karena mereka mengatur mereka punya jam ibadah maka bisa berjalan semua dengan baik. Ada juga teman - teman yang muslim ikut dalam upacara ini," tandasnya.


    Upacara peringati hari Kesaktian Pancasila dengan tema : "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju" berlangsung khidmat. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkot Ambon Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top