• Headline News


    Tuesday, October 10, 2023

    Pemda SBT Apresiasi Kinerja PA Dataran Hunimua

    SBT, Kompastimur.com
    Pemerintah Daerah Seram Bagian Timur (Pemkab-SBT), Provinsi Maluku mengakui Pengadilan Agama (PA) di Dataran Hunimua sebagai pengadilan yang berkembang pesat kurang lebih 6 tahun beroperasi di SBT. 


    Hal ini disampaikan Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur saat membacakan sambutan tertulis Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas saat acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor PA Dataran Hunimua. Senin (9/10/2023)


    Atas dasar itu Bupati dan Wakil Bupati memberi apresiasi dan penghargaan serta ucapakan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Pengadilan Agama yang telah membantu pemerintah dalam menjalankan tugas pelayanan dan kepastian hukum kepada masyarakat SBT. 


    “Kami akui dan percaya bahwa, pengadilan Agama Dataran Hunimua telah berkembang pesat, karena kantor Pengadilan Agama Dataran Hunimua yang beroperasi dari 28 Oktober 2018 hingga kini menjadi salah satu Pengadilan Agama terbaik, sebab hal ini tercermin dalam kepastian hukum kepada masyarakat SBT," akui Rumalutur. 


    Di kesempatan yang sama, Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunimua, Mahdy Syam SH, juga turut mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemda SBT yang telah memberikan gedung pinjam pakai guna untuk operasional melayani masyarakat SBT selama kurang lebih 6 tahun. 


    Disamping itu, ia juga menjelaskan tugas pokok Pengadilan Agama Dataran Hunimua yaitu memeriksa, memutuskan dan menyelesaikan perkara-perkara orang-orang yang beragama Islam dengan wilayah yurisdiksi meliputi 15 kecamatan dan 198 desa di wilayah kabupaten SBT. 


    “Tidak hanya tugas pokok Pengadilan Agama menyelesaikan perceraian talak atau cerai gugat, tetapi pengadilan Agama juga melayani Isbat nikah, waris, hibah, wakaf hingga perkara terkait ekonomi syariah," ungkap Magdy.


    Mahdy menjelaskan, gedung kantor PA Dataran Hunimua dibangun diatas lahan seluas 5.244 meter persegi. Lahan ini dibeli pada tahun 2022 yang berlokasi di Jl. Air kabur-kabur, Desa Wailola, Kecamatan Bula.


    Sedangkan anggaran yang digunakan untuk pembangunan gedung kantor PA Dataran Hunimua sebesar Rp 47 Milyar bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) PA Dataran Hunimua tahun anggaran 2023 dan tahun anggaran 2024.


    “Dengan metode kontrak tahun jamak atau multi years dengan estimasi alokasi anggaran untuk tahun 2023 sebesar Rp 10 Milyar dan tahun 2024 sebesar 37 milyar rupiah,” jelasnya.


    Sementara proses pembangunan kantor PA Dataran Hunimua lanjut Mahdi, ditangani oleh tiga perusahaan yang telah ditunjuk oleh Mahkamah Agung RI.


    Masing-masing, PT. Artha Demo Engineering Consultans, selaku konsultan perencana, PT. Primega Saniyya Lestari sebagai pengawas serta pelaksana pembangunan fisik yakni PT. Miranti Jaya Permai.


    Pihaknya berharap pekerjaan pembangunan gedung kantor ini dapat selesai tepat waktu, sesuai prototipe yang telah ditentukan Mahkamah Agung serta sesuai aturan yang berlaku.


    “Para stakeholder yang terlibat dapat selalu berkomitmen untuk terus mengawal kelancaran pekerjaan ini agar tujuan kita yakni memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya pencari keadilan dapat kita capai,” tandasnya. (*)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemda SBT Apresiasi Kinerja PA Dataran Hunimua Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top