• Headline News


    Saturday, May 27, 2023

    Keliobas Ingatkan Kepala Desa Harus Transparan Kelola Dana Desa


    SBT, Kompastimur.com - Abdul Mukti Keliobas ,Bupati Seram Bagian Timur (SBT) kembali mengingatkan para kepala desa (kades) di daerah itu agar transparan dalam mengelola dana desa dan alokasi dana desa.

     

    Disamping itu, pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa yang dilakukan mesti mengikuti ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

     

    Pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa menurutnya dilakukan mesti mengikuti ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

     

    "Karena sejalan dengan banyaknya pendanaan yang masuk ke desa, trend pengawasan pun akan semakin ketat," demikian disampaikan Keliobas usai melantik dan mengambil sumpah sejumlah kepala negeri dan Pj negeri administratif di aula Pendopo Bupati SBT, Jumat (26/5/2023).

     

    Bupati mengatakan pengelolaan dana desa harus melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sehingga pengelolaan dana desa bisa efektif dan mendapatkan pengawasan yang jelas.

     

    Selain itu, masyarakat juga mesti terlibat dengan memberikan masukan, saling koordinasi dan bekerjasama dengan kepala desa untuk membangun desa.

     

    "Masing-masing bekerjsama untuk memajukan memajukan pembangunan negerinya," kata Bupati.

     

    Lanjut Keliobas, jumlah dana desa dan alokasi dana desa untuk kabupaten SBT tergolong besar jika dibandingkan kabupaten/kota lain di Maluku.

     

    Jumlah dana desa dan alokasi dana desa untuk SBT disebutkan bahkan lebih besar dari kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Maluku.

     

    Namun sayangnya, selama ini pengelolaan dana tersebut masih kerap menimbulkan masalah yang berujung proses hukum karena tidak ada transparansi dalam pengelolaannya.

     

    "Kalau 198 desa maka setiap tahun putaran duit dari dana desa dan alokasi dana desa itu satu milyar, dikali 198 bisa sampe 200 milyar per tahun," sebutnya.

     

    "Apakah salahnya di penganggarannya, perencanaan atau salahnya di pengawasan," ujar Keliobas mempertanyakan.

     

    Ia menuturkan hal ini harus menjadi perhatian perangkat daerah terkait untuk mencari format penyelesaiannya. Sehingga  meminimalisir kasus hukum terkait pengelolaan dana desa.

     

    "Ini menjadi catatan kritis buat kepala Pemdes untuk mencari format mengurangi kepala desa terkena masalah hukum," tandasnya. (FS)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Keliobas Ingatkan Kepala Desa Harus Transparan Kelola Dana Desa Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top