• Headline News


    Wednesday, October 4, 2023

    Jembatan Wai Kawanua Belum Dibangun, Disoroti DPRD Maluku

    Ambon, Kompastimur.com
    Jembatan Kawanua di Negeri Saunolu, di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, hingga kini belum dibangun, setelah ambruk beberapa waktu lalu. Padahal, akses jembatan itu sangat vital karena menghubungkan Malteng dan dan Seram Bagian Timur.


    Diharapkan, dana perbaikan jembatan itu, diakomodir di APBN Perubahan 2023, namun hingga kini belum ada progres realisasi dari Pemerintah Pusat (Pempus).


    Karenanya, anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Fauzan Alkatiry, mengatakan jembatan Wae Kawanua sebelumnya sudah ada komunikasi antara komisi III dengan Balai Pelaksana Jalan dan Jembatan Nasional (BPJN) Maluku agar kemudian tahap pertama ada anggaran untuk penanganan darurat. Kemudian anggaran untuk melakukan perbaikan secara masif, itu yang harus dilakukan.


    "Jadi kami minta perhatian besar dari kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Maluku, S. Bambang Widyarta, rasanya itu sudah akan tercover dalam APBN P, dan akan dimasukan," ujar Alkatiri saat dikonfirmasi awak media, (4/10/2023).


    Dikatakan, biasanya itu sudah dibahas. Pihaknya, kata dia, sudah tahu bahwa ada anggaran preservasi jalan nasional di ruas jalan Seram yang cukup besar yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk pemeliharaan jalan dan jembatan di Seram.


    Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan SBT ini, Pempus melalui kepala BPJN sangat responsif terhadap kejadian ambruknya jembatan Wai Kawanua. Bahkan saat kejadian kejadian sorenya langsung kepala BPJM tiba di lokasi. Yang  diketahui pihaknya bahwa, kepala BPJN langsung menggelar rapat koordinasi antara kementerian dan aparat-apart dibawahnya untuk penanganan jembatan Kawanua.


    "Memang dari awal kejadian robohnya Jembatan Wai Kawanua menjadi perhatian komisi. Secara personal kami memberi perhatian khusus karena jembatan itu sangat vital bagi masyarakat yang sangat terdampak. Yang menghubungkan antara Maluku Tengah dan Seram Bagian Timur (SBT) jika jembatan ini putus akan mempengaruhi mobilitas arus barang," ingatnya.


    Menurut politisi PKS ini, arus pengiriman barang terganggu akan mengakibatkan sedikit gangguan ekonomi, ungkapnya. Makanya, sambung dia, ketika kejadian robohnya jembatan kemudian dikomunikasikan dengan Kementerian lewat BPJN hari itu juga sudah ada penanganan darurat atas jembatan yang putus.


    "Untuk itu komitmen komisi III untuk mengawal pembangunan jembatan sejalan dengan perhatian yang diberikan Pempus. Saya sering katakan bahwa kejadian seperti ini adalah akumulasi dari kesalahan perencanaan, pelaksanaan maupun pemeliharaan. Maka yang harus kita lakukan sekarang adalah kita mengambil langkah-pangkah perbaikan terhadap situasi yang hari ini terjadi," pungkas Alkatiry.  (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jembatan Wai Kawanua Belum Dibangun, Disoroti DPRD Maluku Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top