• Headline News


    Tuesday, September 12, 2023

    Sembilan Kendaraan Terjaring Operasi Zebra Salawaku

    Namrole, Kompastimur.com
    Sembilan kendaraan roda dua, terjaring operasi Zebra Salawaku, yang di gelar Kepolisian Resort (Polres) Buru Selatan (Bursel), Selasa, 12 September 2023, di sejumlah ruas jalan di Kota Namrole. Adapun dari kendaraan yang terjaring operasi zebra salawaku, pelanggaran terbanyak adalah melawan arah dan tidak menggunakan helm. 


    Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) di bawah komando Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Inspektur Satu (Iptu) Chris Souissa, menggerakkan sejumlah personelnya untuk melakukan operasi Zebra Salawaku Tahun 2023 sejak tanggal 4 hingga tanggal 17 September 2023.

    "Operasi ini adalah bagian dari langkah Polres untuk melakukan penertiban kepada masyarakat pengguna kendaraan yang ada di kota Namrole dan sekitarnya, " Kata Souissa, kepada wartawan, Selasa, 12 September 2023, di Mapolres Bursel. 


    Menurut Kasat Lantas Polres Bursel ini, operasi Zebra ini tetap mengedepankan pendekatan induktif, persuasif dan humanis. Operasi Zebra Salawaku 2023 ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). 


    Pantuan wartawan media ini, sebelum melakukan penertiban, pihaknya terlebih dahulu menggelar apel kesiapan guna memberi arahan kepada sejumlah personil yang akan melakukan operasi di lapangan.


    Dalam apel kesiapan tersebut, Kasat Lantas selalu menekankan agar para personil operasi dalam melakukan penindakan harus mengedepankan 3S yaitu senyum, Salam dan Sapa.


    "Selain senyum, salam dan sapa saya juga menghimbau agar personil dalam penindakan tetap menjaga etika dan nama baik Polri di lapangan. Kalau kita bisa bina ya kita bina," kata Chris. 

    Orang nomor satu di Satlantas Bursel ini, untuk penindakan hukum dalam operasi Zebra Salawaku tahun 2023 kali ini, ada tujuh prioritas penindakan yang  akan ditindak oleh petugas. "Yang kita tindak itu pengendara dengan kecepatan tinggi, tidak menggunakan Helm, melawan arus, pengendara dibawa umur, mengendara sambil menggunakan HP, berboncengan lebih dari satu dan pengendara yang mengkonsumsi minuman keras," ujar Souissa. 


    Dirinya menjelaskan, sebelum operasi Zebra dilakukan, pihaknya sudah jauh - jauh hari melakukan sosialisasi tentang tertib berlalulintas baik di Instansi-instansi pemerintah maupun di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bursel.


    "Kita juga sudah melakukan sosialisasi di kantor Bupati dan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bursel. Harapan kami semoga dengan kegiatan ini masyarakat di Bursel bisa taat berlalu lintas dan dengan begitu angka kecelakaan bisa menurun," Tutur Souissa.  (Yul)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sembilan Kendaraan Terjaring Operasi Zebra Salawaku Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top