• Headline News


    Saturday, July 1, 2023

    Pemerintah Provinsi Maluku Turut Berdukacita Atas Meninggalnya Alm. Jamaludin Maulana Rolobessy

    Ambon, Kompstimur.com - Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn.) Drs. Murad Ismail perintahkan Sekda Maluku Ir. Sadali Ie,M.Si, IPU, untuk melakukan koordinasi dengan KABRI dalam rangka  pemulangan almarhum Jamaludin Maulana Rolobessy dari Moskow,  Rusia ke Ambon, pada Jumat (30/6/2023).


    Sekretaris Daerah Maluku, Sadali Ie, saat dihubungi via telepon menyatakan bahwa Alm. Jamaludin Maulana Rolobessy adalah salah satu Putra Maluku yang saat ini sementara mengikuti studi di Moskow, Rusia.


    "Almarhum telah meninggal dunia pada hari Senin, tanggal 26 Juni 2023 sekitar pukul 15:30 waktu Moskow (19.30 WIB), dan atas perintah Bapak Gubernur kami telah mengambil langkah berkoordinasi dengan pihak KBRI di Moskow." jelas Sadali.


    Dirinya juga menyampaikan, Gubernur atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Provinsi Maluku menyampaikan  Turut Berduka Cita yang dalam kepada keluarga, semoga  almarhum  di terima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan.


    Selanjutnya KBRI Moskow melalui Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Moskow, Fattah Hardiwinangun  menyampaikan turut berduka cita atas terjadinya peristiwa ini.


    Untuk diketahui Kronologi meninggalnya Almarhum, yakni pada hari Senin, tanggal 26 Juni 2023 sekitar pukul 15:30 waktu Moskow (19.30 WIB), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow menerima laporan dari perwakilan mahasiswa Indonesia di kota Volgograd bahwa alm. Jamaludin Maulana Rolobessy tenggelam di Sungai Volga, kota Volgograd (970 Km dari Moskow).  


    Mereka langsung melaporkan ke Pihak kepolisian setempat, dan segera ditindaklanjuti dengan pencarian.


    Sekitar pukul 16:49  waktu Moskow hari Senin, 26 Juni 2023, KBRI menerima informasi bahwa alm. Jamaludin telah ditemukan oleh Kepolisian dalam keadaan meninggal dunia.


    KBRI Moskow langsung berkomunikasi dengan pihak kepolisian Volgograd dan Volgograd State University tempat Alm. Jamaludin studi dan berupaya menghubungi pihak keluarga melalui nomor telpon yang tercantum pada Data Lapor Diri Almarhum dan nomor yang disampaikan teman-teman mahasiswa; namun tidak berhasil tersambung.


    Pada tanggal 27 Juni 2023 KBRI telah berhasil menghubungi pihak keluarga yaitu Bapak Hairun Nasir (Ayah) dan Bapak Yores (Paman) sebagai perwakilan keluarga untuk komunikasi selanjutnya dengan KBRI Moskow. 


    Status terakhir hari ini adalah jenazah berada di rumah jenazah di kota Volgograd untuk proses otopsi. Proses otopsi merupakan peraturan Pemerintah Federasi Rusia bagi setiap individu (termasuk Warga Negara Asing) yang meninggal dunia di wilayah Federasi Rusia. 


    Proses investigasi sedang dilakukan oleh pihak Kepolisian. KBRI Moskow yang masih menunggu hasil resmi proses penyelidikan dan setelah proses otopsi, akan diterbitkan dokumen resmi Sertifikat Kematian yang kemungkinan selesai pada 2 hari mendatang (Senin, 3 Juli 2023), dimana Sertifikat Kematian ini menjadi dasar untuk proses  kepulangan jenazah dari Moskow ke tanah air. 


    Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi Maluku berupaya melakukan langkah-langkah koordinasi yang intens dengan Pihak KBRI di Moskow maupun pihak keluarga terkait rencana  Kepulangan jenazah ke Tanah Air dan ke Maluku, yang sudah tentu melalui mekanisme dan protap yg telah ditetapkan oleh Pemerintah Rusia.


    Untuk diketahui, keluarga almarhum telah  mengirimkan kelengkapan administrasi ke KBRI Moskow antara lain KTP orang tua, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Tidak Mampu dan lainnya sebagai persyaratan yang harus dipenuhi. 


    Almarhum Jamaludin Maulana Rolobessy adalah mahasiswa S1 Hubungan Internasional, Volgograd State, anak dari pasangan bapak Hairun Nasir dan Ibu Nurhidaya Tehumatena, yang berdomisili di Desa Tial, Kabupaten Maluku Tengah. (**)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemerintah Provinsi Maluku Turut Berdukacita Atas Meninggalnya Alm. Jamaludin Maulana Rolobessy Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top