• Headline News


    Thursday, March 2, 2023

    Sahureka Pimpin BPW GSJA Bursel


    Namrole, Kompastimur.com

    Akhirnya, sosok figur muda Agustinus Sahureka yang juga merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Maluku, melanjutkan tongkat estafet kepemipinan Badan Pengurus Wilayah Gereja Sidang Jemaat Allah (BPW GSJA) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) periode 2022-2025, pasca di lantik dan dikukuhkan langsung oleh Wakil Ketua Daerah GSJA Maluku Yanes Titi, di gedung gereja GSJA Ekklesia Waenono,  Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel, Rabu (01/03/2023).


    Wakil Ketua Daerah GSJA Bursel Yanes Titi dalam arahannya mengatakan, seharusnya BPW Bursel sudah dilantik sejak 2022 lalu, namun karena Badan Pengurus Daerah (BPD) GSJA terpilih periode 2022-2025 terlambat bekerja, sehingga mengalami penundaan pelantikan BPW GSJA se Maluku. 


    Dengan keterlambatan pelantikan BPW GSJA, maka BPW GSJA Kabupaten Bursel, periode 2022-2025 yang baru saja dilantik masa bekerja mereka bisa saja dua tahun atau kurang dari itu. 


    Yanes membeberkan, bahwa ada beberapa situasi yang terjadi dan dinamika internal GSJA yang membuat BPD sangat berhati-hati dalam berkeputusan, dalam menentukan pengurus BPW GSJA Kabupaten Bursel. Alhasil, berdasarkan pertimbangan maka BPD GSJA Maluku, berkeputusan Sekda GSJA Maluku Agustinus Sahureka, untuk  menahkodai BPW GSJA Kabupaten Bursel periode 2022-2025, demi pelayanan pekerjaan Tuhan di wilayah Bursel. 


    "Keputusan ini merupakan keputusan yang tidak biasanya, namun harus dilakukan, karena ini di rasa sebagai keputusan yang terbaik," ujar Titi, yang juga mantan Ketua Daerah GSJA Maluku, periode 2020-2022.


    Menurutnya, dalam situasi tertentu, kepengurusan Wilayah dapat diambil alih oleh pengurus daerah, tetapi seiring berjalannya waktu, dapat diberikan full kepada pelayan injil setempat.


    "Seperti yang saat ini terjadi pada GSJA Wilayah Kabupaten Bursel, tongkat estafet kepemipinan akan di pegang oleh Sekda GSJA Maluku, tetapi ada beberapa situasi yang akan diberikan full kepada pelayan injil setempat," tutur Anes sapaan akrabnya. 


    Wakil Ketua Daerah GSJA Maluku ini mengakui, bahwa jabatan Ketua Wilayah GSJA Kabupaten Bursel saat ini yang dijabat oleh Sekda GSJA Daerah Maluku ini, seiring perjalan waktu akan dilihat lagi, apakah akan terus dipertahankan ataukah dalam tenggang waktu tertentu akan di tarik, sebab jantung pelayanan GSJA Daerah Maluku, ada pada Sekda GSJA Maluku, sehingga beliau pasti nanti akan lebih banyak di Ambon. 


    "Selama beliau, Ketua Wilayah berada di Bursel, wajiblah rekan BPW Kabupaten Bursel untuk kemudian berkordinasi, sehingga instruksi dapat dilaksanakan. Bukan sebaliknya eksekusi di lapangan berbeda dengan instruksi yang diberikan. Maka itu, pentingnya kordinasi dengan Ketua BPW GSJA Kabupaten Bursel, yang nantinya lebih banyak berada di Ambon, sehingga pelayanan dapat berjalan dan berdampak bagi pekerjaan Tuhan," tutur Anes. 


    Ada beberapa catatan penting dalam momen pelantikan BPW Kabupaten Bursel, dalam membangun sebuah organisasi pasti ada dinamika. Maka itu, dirinya berharap para rekan pelayan injil agar berdoa bersama, bekerja bersama, membangun bersama dan memotivasi bersama, karena ini bukan tentang kita tetapi tentang kerajaan Allah, dan bilamana ini pekerjaan Allah, maka marilah kita berikan seluruh potensi kita, untuk kemuliaan nama Tuhan.


    "Selamat bagi BPW GSJA Kabupaten Bursel yang baru saja di lantik, dan terima kasih bagi BPW GSJA Kabupaten Bursel periode sebelumnya, yang telah bekerja keras untuk melewati sulitnya era kepemimpinan 2019-2022," kata Titi yang juga Gembala Sidang GSJA Filadelfia Eri ini. 


    BPD GSJA Maluku tidak dapat memberikan apa-apa, selain ucapan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya. Tetapi kami mendoakan, agar BPW GSJA Wilayah Bursel sebelumnya tetap mensupport BPW GSJA wilayah Bursel saat ini. 


    "Kesempurnaan pengurus BPW GSJA Wilayab Bursel periode sebelumnya melengkapi kekurangan Pengurus BPW GSJA Wilayah saat ini dan kekurangan BPW GSJA Wilayah sebelumnya dapat disempurnakan oleh BPW GSJA Wilayah periode ini," ujar Titi. 


    Pada kesempatan itu juga, dalam sekapur sirih mantan Ketua GSJA Wilayah Bursel Jerry Palihema juga mengucapkan terima kasih kepada Bimas Kristen yang selama ini telah bekerja sama dengan baik demi pelayanan umat di Wilayah Bursel. 


    Selain itu, Palihema juga mengatakan bahwa Sekda GSJA Bursel yang juga pembina Wilayah Bursel, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Wilayah GSJA Bursel periode 2022-2025 mampu melakukan perkara-perkara yang besar dalam periode kepemimpinan, karena ini bukan soal kemampuan saja, tetapi terlebih lagi pekerjaan Tuhan.


    Pantauan media ini, dihadapan Wakil Ketua Daerah GSJA Maluku, Ketua Wilayah GSJA periode 2022-2025, para pelayan injil dan tamu undangan serta jemaat, Palihema menyerahkan memori tugas dan dokumen aset GSJA Wilayah berupa 1 unit body dan mesin johnson 40 PK yang merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel dan 1 unit Kantor wilayah yang masih dalam tahap 80 persen pengerjaan. 


    Sementara itu, Kasi Bimas Kristen Kementrian Agama Kabupaten Bursel Jhon Timisela dalam sambutan lisannya mengucapkan terima kasih kepada BPW GSJA periode sebelumnya, yang telah bekerja sama dengan baik dalam pelayanan dan memberikan data keagamaan. 


    "Saya berharap pengurus yang baru dilantik ini dapat melaksanakan tugas dengan baik dan tetap dapat mempertahankan adat istiadat yang ada di Kabupaten Bursel yakni Kai Wai Wali Dawen serta dapat bekerja sama demi pelayanan umat yang lebih baik di Kabupaten Bursel ini," kata Timisela. 


    Jhon berharap, kekurangan yang ada pada BPW GSJA Kabupaten Bursel periode sebelumnya, dapat disempurnakan oleh BPW GSJA Kabupaten Bursel yang baru di lantik ini.  Dimana tugas program penting Kementerian Agama adalah moderasi umat beragama. 


    "Untuk itu, saya berharap BPW periode baru dalam melaksanan tugas dapat mengutamakan peningkatan kerukunan antar dan intern umat beragama, sehingga dengan demikian moderasi beragama dapat tercapai dan berdampak bagi pelayanan umat di Kabupaten Bursel," tutur Jhon. 


    Turut hadir dalam pelantikan BPW GSJA Wilayah Bursel Kepala Seksi Bimas Kristen Kementrian Agama Jhon Timisela, Penjabat Desa Waenono Krisyon Nikolas, tokoh agama denominasi gereja, para pelayan injil dan jemaat.


    Sementara untuk BPW GSJA Kabupaten Bursel, Agustinus Sahureka didampingi oleh Wakil Ketua Roswel Nurlatu, Sekretaris Hanny Ch Masengi dan Bendahara Telya Tasane. (KT-78)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sahureka Pimpin BPW GSJA Bursel Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top