• Headline News


    Thursday, March 23, 2023

    Pengurus Ikatan Masyarakat Duan Lolat Maluku Periode 2023- 2026 Dilantik

    Ambon, Kompastimur.com - Pelantikan Pengurus Ikatan Masyarakat Duan-Lolat Maluku masa bakti 2023- 2026 berlangsung di student center FKIP Universitas Pattimura (UNPATTI) Ambon, hari Rabu (22/3/2023)


    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Maluku, Barnabas. N. Orno , ketua DPRD Kota Ambon,Elly Toisutta, Bupati  Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Daniel.E. Indey, Ketua Umum Ikatan Masyarakat Duan lolat Maluku, Edward Luturmas.M.Si dan seluruh pengurus beserta dewan pembina yang terlampir pada SK kepengurusan.


    Sebelum pelantikan berlangsung ketua panitia dalam laporannya mengatakan momen ini ada beberapa hal yang perlu sampaikan yang pertama organisasi itu bukan baru dibentuk, sebab organisasi ini telah diprakarsai pada tahun 2020 kemudian di deklarasi pada tahun 2021.


    "Semestinya dilanjutkan dengan pelantikan pengurus namun karena berbagai kegiatan sehingga hari ini baru dilaksanakan pelantikan dan pelantikan terdorong bukan karena suatu kepentingan bukan karena suatu dorongan dari modal untuk kami tetapi ini dari kami untuk kami," katanya 


    Proses pelantikan pengurus diawali dengan pembacaan surat keputusan nomor 005/pmb/IMDL- Mal/III/2023 tentang pengangkatan dan penetapan pengurus ikatan masyarakat Duan lolat Maluku masa bakti 2023 -2026 dewan Pembina ikatan masyarakat Maluku.


    Pengurus diangkat dan ditetapkan dengan surat keputusan atas undang-undang nomor 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan.


    Pelantikan pengurus Ikatan Masyarakat Duan Lolat Maluku di laksanakan secara adat dan dibawah sorotan tema," Menyatukan Anak Negri dalam kerangka budaya Duan Lolat ".


    Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Natanel Orno, dalam sambutannya lebih di tekankan pada  Etika dan Moral. Ia menjelaskan etika dan moral itu lebih tinggi dari undang-undang Dasar 1945 .


    Sebagai contoh dalam memberikan pelatihan ceramah buat para peningkatan kapasitas pelayanan terhadap pimpinan di situ di katakannya bahwa, semua pemimpin kalau melakukan kesalahan secara formal mungkin hukumannya ringan dan langsung diketahui, tetapi apabila anda melakukan kesalahan dari sisi moral itu langsung connect dengan Tuhan, karan Tuhan itu lebih tinggi dari segala aturan di depannya.


    "Kita harus melihat lagi pada P4, karena pundak Pancasila itu adalah sumber dari segala hukum dan undang-undang dari kristalisasi nilai-nilai budaya yang ada di Indonesia kemudian bersama seluruh pengurus ikatan masyarakat yang kita kasihi bersama tokoh-tokoh masyarakat yang kita hormati dan seluruh jasa para pahlawan. Jangan sekali-kali melupakan sejarah karena sejarah itu patokan, maka sejarah jangan pernah di lupakan oleh kita semua termasuk Ikatan Masyarakat Duan lolat sejarah itu harus tetap di ingat," papar Orno.


    Selaku ketua Umum Ikatan Masyarakat Duan Lolat, Drs. Edward Luturmas.M.Si, dalam sambutannya menjelaskan  bahwa, hai ini dirinya memimpin satu saat dia akan di pimpin.


    "Hari ini saya sebagai Duan satu saat saya sebagai Lolat. Kita pilih  dalam memimpin organisasi ini karena panggilan nurani, kepercayaan yang mahal, serta kesadaran kolektivitas serta kesadaran kultural kita, maka  kita ingin menyatu menjadi satu kekuatan yang potensial untuk merangkul sejumlah orang, sejumlah anak  yang ada di bumi Duan Lolat," ucapnya.


    Lanjutnya, apapun yang menjadi persoalan bagi bangsa ini, daerah ini dan Kabupaten membutuhkan solusi dari kita semua.


    Ia berterima kasih kepada para Pembina, kepada Ketua DPRD Kota Ambon, dalam kehadiran dan topangan bersama, kepada dewan adat yang kehadirannya memberikan wejangan cultural bagi kita dan kepada Wakil Gubernur Maluku dalam berbagai hal memberikan nasihat pendampingan dan kerjasama sehingga wadah ini diharapkan bisa menjadi Mitra berpikir dan bertindak melakukan aksi-aksi sosial  dalam mengisi pembangunan di daerah.


    "Kami juga membutuhkan topangan  dan kerjasama dari berbagai pihak termasuk  pemerintah daerah dalam hal ini provinsi Maluku dan juga kepada pejabat Bupati  KKT, kami sangat mengharapkan kerjasama yang baik untuk pengembangan organisasi ikatan Masyarakat Duan lolat ke depan dan juga bagi kita semua dengan tidak memandang suku, ras, dan agama," ucapnya.


    Lebih di jelaskan bahwa, pelantikan ini boleh terlaksana dengan baik tentu saja banyak hal yang akan kita rumuskan untuk membantu pemerintah daerah baik itu pada level provinsi maupun pada level Kabupaten.


    Bahkan akan lakukan berbagai konsolidasi di kabupaten kota dan ini tanggung jawab yang harus kita kerjasama dan tentu saja kita membutuhkan topangan doa dari Bapak Ibu sekalian.


    "Diharapkan pada waktunya kita akan lakukan rapat kerja dan kita akan rumuskan berbagai program tahunan di tahun 2023 dan tahun-tahun yang akan datang sehingga betul-betul ada ini bisa berguna dan bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan apa yang di harapkan," ungkap Luturmas.


    Di tempat yang sama, kepada wartawan, Luturmas menjelaskan selaku insan religius patut menyatu hati, merangkai puja dan puji kepada Tuhan yang maha kuasa Karna berkat kasih sayang Tuhan serta restu para leluhur ,topangan berbagai pihak  termasuk pemerintah daerah dan insan pers yang turut berkolaborasi bersama dalam menopang pelaksanaan pelantikan ikatan masyarakat Duan Lolat di provinsi Maluku.


    Sebagai ketua Ikatan Masyarakat Duan lolat Maluku dan para pengurus yang di Lantik hari ini dengan topangan dari berbagai komponen mulai dari pelindung dan penasehat, pemerintah daerah, para akademisi, dewan pakar, teman teman paguyuban dari berbagai organisasi kampung tanimbar yang berada di kota Ambon dan semua unsur sangat di harapkan agar dapat berkolaborasi bersama agar wadah berhimpun dari organisasi ikatan masyarakat Duan lolat ini, dapat menjadi sarana produktif dan  kontributif bagi pengembangan masa depan bersama dalam pengembangan pembangunan di provinsi Maluku dan semua Kabupaten termasuk KKT.


    "Ada nilai nilai kebersamaan, nilai nilai kearifan lokal, dan kemanusiaan seperti kesetaraan, derajat dan peradaban yang  kuat dalam. Kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai kebersamaan kita saling menopang untuk bersama sama melihat segala persoalan yang ada dan sama sama membangun Maluku kedepan, dan akhir dari seluruh penjelasannya sebagai ketua Luturmas mengucapkan, 'K I D A B E L A." tutupnya. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pengurus Ikatan Masyarakat Duan Lolat Maluku Periode 2023- 2026 Dilantik Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top