• Headline News


    Monday, February 20, 2023

    Gubernur : Lindungi, Lestarikan, Pulihkan Alam dan Ekosistem Melalui Adaptasi & Mitigasi

    Ambon, Kompastimur.com
    Sekretaris Daerah Maluku Sadali IE, secara resmi membuka Acara Sosialisasi Sub National Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 Provinsi Maluku, pada Senin (20/2/2023), bertempat di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku.


    Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa, dimana Sekda didampingi oleh Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, Tasdiyanto.


    Hadir juga dalam kesempatan tersebut Forkopimda Provinsi Maluku Plus, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Kota se-Maluku, Akademisi, Pimpinan Pusat Kementerian Lingkungan Hidup, beserta unsur terkait lainnya.


    Dalam sambutannya Tasdiyanto mengharapkan pertemuan ini dapat menjadi sarana komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, serta berbagai pihak, terkait proses perencanaan dan implementasi Indonesia’s Folu Net Sink 2030 di Provinsi Maluku.


    “Sebagai tindak lanjut kegiatan sosialisasi ini, akan dilaksanakan workshop Penyusunan rencana kerja Indonesia’s Folu Net Sink 2030, pada 21 februari 2023.” Tambahnya.


    Ia juga mengharapkan, partisipasi dan kerjasama dari berbagai pihak untuk membahas, menyepakati, dan menyusun target Indonesia’s Folu Net Sink 2030 di Provinsi Maluku.


    Pada kesempatan tersebut juga, dalam sambutan Gubernur Maluku Murad Ismail yang dibacakan oleh Sekda, dirinya mengapresiasi kerja dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan terhadap Isu Perubahan Iklim kepada Dunia tentang target dan komitmen Pemerintah Indonesia tentang rencana operasional Indonesia’s Folu Net Sink 2030 yang dilaunching pada Maret 2022 yang lalu.


    “Dewasa ini isu lingkungan hidup sudah menjadi isu strategis yang menyita perhatian serius daripada tatanan lokal, nasional, maupun global. Pencemaran lingkungan hidup yang terjadi terhadap lingkungan tidak hanya terkait pada satu atau dua sistem saja tetapi saling berkaitan satu dengan lainnya, sesuai dengan sifat lingkungannya, serta mempengaruhi secara sub sistem, artinya apabila satu aspek dari lingkungan terkena masalah maka aspek aspek lainnya akan mengalami dampak atau akibat.” Ujarnya.


    Ia juga mengatakan, upaya Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 29% atau setara dengan 834 juta ton CO2, dimana pada sektor kehutanan mempunya porsi terbesar yaitu 17,2%, diikuti dengan sektor lainnya sebesar 11, 8%, diantaranya pertanian 0,32%, industri 0,10%, dan limbah 0,38%.


    “Dalam rangka akselerasi implementasi rencana operasional Indonesia’s Folu Net Sink 2030 salah satu Langkah strategis yang dilakukan adalah menyebarluaskan informasi melalui sosiasliasi secara luas pada stakeholder juga ke tingkat paling bawah.” Ungkap Mantan Kadis Kehutanan Provinsi Maluku itu.


    Ia juga mengharapkan, semua pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun Akademisi dapat bekerjasama secara kolektif melalui aksi percepatan dan implementasi guna melindungi, melestarikan, demi memulihkan alam dan ekosistem melalui adaptasi dan mitigasi.


    “Pemerintah Maluku memiliki komitmen yang sama dalam mendukung terselenggaranya, penyusunan rencana operasional Indonesia’s Folu Net Sink 2030, dengan tetap melibatkan masyarakat dalam upaya mengelola hutan secara berkelanjutan.” Tambahnya.


    Sekda percaya sekecil apapun usaha yang dilakukan hari ini, tentunya sangat besar manfaatnya bagi kita semua untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik di masa yang akan datang.


    “Karena itu saya berharap kiranya momen pertemuan ini akan melahirkan hasil rumusan yang cerdas, sebagai kontribusi bagi pembangunan Lingkungan Hidup di Wilayah Timur Indonesia khususnya Provinsi Maluku yang sama-sama kita cintai.” Tutupnya.


    Pada kesempatan tersebut juga turut diserahkan Penyerahan Buku Rencana Operasional Indonesia’s Folu Net Sink 2030, dari Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK kepada Sekretaris Daerah Maluku.


    Yang dilanjutkan dengan penyerahan Bibit Tanaman oleh Staf Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bidang Ekonomi dan SDA kepada Pemerintah Provinsi Maluku yang diterima langsung oleh Sekda Maluku.


    Dan diakhiri dengan penyerahan Plakat dari Sekretaris Daerah Maluku kepada Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK. (AJP)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur : Lindungi, Lestarikan, Pulihkan Alam dan Ekosistem Melalui Adaptasi & Mitigasi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top