• Headline News



    Wednesday, December 7, 2022

    Desa Tambakrejo Di Gelontor 32 Paket Proyek

    Banyuwangi, Kompastimur.com
    Membangun desa tidak cukup hanya mengandalkan dana desa (DD) maupun dari ADD yang rutin diterima setiap tahun oleh pemerintah desa. Sebab bila hanya mengandalkan dana tersebut kemungkinan besar pemerintah desa terutama yang wilayahnya sangat luas mustahil akan mampu memajukan pembangunan desanya. Sebagai kepala desa maka jelas dituntut memiliki strategi dan kecerdasan berkomunikasi. 

    Hal inilah yang dilakukan oleh kepala desa Tambakrejo kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi, Nanang Hidayat dalam membangun desanya. Menyadari keterbatasan sumber dana yang dimiliki untuk membangun desanya, Nanang Hidayat, dengan cerdas melakukan terobosan komunikasi yang luar biasa. 

    Secara diam-diam, Nanang Hidayat, menjalin komunikasi dengan berbagai pihak seperti anggota legislatif baik pusat maupun daerah  serta dengan pemerintah propinsi maupun kabupaten. Walhasil dengan melakukan lobi-lobi yang cantik dengan pihak terkait, kepala desa yang dikenal gaul itu, berhasil memboyong berbagai program proyek pembangunan ke desa Tambakrejo.


    Tidak tanggung-tanggung untuk tahun anggaran 2022 ini saja, desa  Tambakrejo di gelontor sebanyak 32 titik paket proyek pembangunan dari berbagai sumber. Ke 32 paket proyek tersebut terdiri dari pembangunan irigasi, jalan, pendidikan dan lainnya yang bersumber dari APBN pusat, APBD propinsi Jawa Timur maupun APBD kabupaten Banyuwangi.


    Kepala desa Tambakrejo, Nanang Hidayat, kepada KompasTimur.com, menceritakan bahwa untuk mengejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur di desanya, pihaknya melakukan manuver jemput bola dengan pendekatan ke berbagi pihak.

    "Selama tiga tahun praktis semua kepala desa tidak bisa berkutik untuk membangun fisik. Karena sebagian besar anggaran di desa tersedot untuk penanganan pandemi Covid19. Nah, agar desa kami tidak tertinggal dalam hal pembangunan fisik. Maka kami kerja keras melakukan jemput bola dengan menjalin komunikasi dengan  beberapa anggota DPR baik pusat maupun daerah. Bahkan kami juga langsung ke Surabaya untuk mencari peluang yang bisa dibawa ke Desa Tambakrejo"jlentreh Kades Nanang penuh semangat.


    Masih menurut Nanang, beberapa proyek yang sangat menyentuh kehidupan rakyat Tambakrejo berhasil ia boyong ke Tambakrejo. Seperti proyek pengadaan air bersih dari Jawa Timur senilai Rp.700 juta lebih. Ada  pula bedah rumah dari APBN dan lainnya.


    "Tapi dalam hal ini kami pemerintah desa hanya menerima manfaatnya. Sedang pengerjaannya ya tetap pakai kontraktor. Yang penting desa kami bisa maju." jelas pria penghobi koleksi barang gaib itu.


    Di samping itu, hal yang masih menjadi fokus untuk diperjuangkan untuk desanya, kata Nanang, adalah lampu penerangan jalan umum. 


    "Untuk ini saya sudah melakukan komunikasi agar desa Tambakrejo mendapat pembangunan jaringan lampu penerangan jalan umum. Dan insyaallah segera terealisasi" ujar Nanang Hidayat penuh optimis. (Embi Supriyadi)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Desa Tambakrejo Di Gelontor 32 Paket Proyek Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top