• Headline News


    Wednesday, October 19, 2022

    Verfak, KPU Bursel Nyatakan Data 3 Parpol Memenuhi Syarat Lagi


    Namrole, Kompastimur.com

    KPU Buru Selatan (Bursel) kembali melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap 3 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, Rabu (19/10/2022).


    Tiga Parpol yang di Verfak KPU Bursel di hari ke tiga ini yakni DPC Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), DPC Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan DPC Partai Bulan Bintang (PBB).


    Verfak tiga Parpol ini untuk memastikan dan membuktikan secara faktual semua data Partai yang dimasukkan ke KPU.


    Saat verfak di Partai Garuda, KPU bersama Tim Verfak serta Bawaslu Bursel diterima oleh Ketua Partai Garuda Bursel, Adun Booy, Sekretaris Partai Riskianto Sunandra dan Bendahara Partai, Kamaria Tasane.


    Pantauan wartawan di lokasi, KPU dan Bawaslu saat melakukan verifikasi di Sekretariat Partai Garuda di Desa Elfule, mendapati bahwa kesesuaian antara data KPU dan Fakta real di lapangan sesuai. Baik itu untuk status kantornya, keterwakilan perempuannya, keabsahan kepengurusan partai serta kelengkapan dokumen pendukung partai lainnya dinyatakan memenuhi syarat dan sesuai.


    "Semua persyaratan yang menjadi tuntutan Verfak dapat kita jumpai dan penelitian ini untuk membuktikan kesesuaian data dan fakta yang di masukan saat verifikasi administrasi," ucap Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Bursel, Ismudin Booy didampingi ketua KPU Bursel Syarif Mahulauw dan sejumlah tim Verfak lainnya.


    Setelah memeriksa dan meneliti maka dapat kami nyatakan bahwa kelengkapan dokumen Parpol, keabsahan kepengurusan, keterwakilan perempuan dan dokumen pendukung lainnya dari

    Partai Garuda dinyatakan seauai," tamba Booy.


    Status memenuhi syarat juga KPU nyatakan bagi Partai Perindo setelah melakukan Verfak di Kantor Perindo yang terletak di Desa Waenono, Kecamatan Namrole, kabupaten Bursel.


    Saat Verfak di Kantor Perindo, Bawaslu di sambut oleh Ketua Partai, Tarif Soulissa, Sekretaris Partai, Abdurahman Tewawo dan Bendahara partai, Saudang Angkotasan serta sejumlah pengurus dan anggota lainnya.


    Status sesuai dan memenuhi syarat juga didapatkan PBB Bursel yang dipimpin Hayat Namkatu sebagai Ketua, Ibrahim Mayor selaku Sekretaris dan Puan. G Duila sebagai Bendahara Partai.


    Status ini diterima PBB setelah KPU melakukan Verfak terhadap seluruh dokumen kelengkapan Parpol, Kepengurusan Parpol, dan keterwakilan perempuan dalam struktur pengurus PBB.


    Setelah ini, KPU Bursel akan melakukan Verfak keanggotaan terhada 9 anggota partai Politik yang ada di Bursel.


    Turut hadir dalam Verfak di hari ketiga ini, selain Ketua KPU Bursel, Syarif Mahulauw dan Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Ismudin Booy, hadir juga Devisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bursel, Nurdin A Soumena; Sekretaris KPU Bursel, Abdurahman Nunlehu serta sejumlah tim Verfak KPU Bursel.


    Sedangan dari pihak Bawaslu Bursel yang hadir yaitu, Kordiv Devisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bursel, Husen Pune dan Sekretaris Bawaslu Bursel, Supardi Salamun. (KT-01)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Verfak, KPU Bursel Nyatakan Data 3 Parpol Memenuhi Syarat Lagi Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top