• Headline News

    Tuesday, July 26, 2022

    Polairud Polda Maluku Kembali Lakukan Patroli Keselamatan

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon,- Untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat pesisir dalam pelayaran, Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Polairud) Polda Maluku kembali melakukan patroli di sejumlah wilayah perairan Maluku.


    Sejumlah perairan yang diawasi menggunakan Kapal Polisi (KP) pada, Selasa (26/7/2022), yaitu dimulai dari perairan Pulau Kasa, Seram Bagian Barat (SBB), pelabuhan rakyat di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, perairan Banda Neira, pelabuhan Fery Tulehu-Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, dan perairan Laha, Kota Ambon.


    Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid, mengungkapkan, di SBB patroli dilakukan menggunakan KP.XVI-2001 untuk mengantisipasi dan penanggulangan gangguan Kamtibmas di wilayah perairan.


    "Kapal bergerak dari dermaga Waisarisa, kemudian melaksanakan pemantauan di perairan sekitar pulau Kasa yang merupakan daerah konservasi yang dikenal rawan dengan penangkapan ikan menggunakan bahan peledak oleh nelayan sekitar," katanya.

              

    Kapal juga melintasi perairan pesisir Ariate, Teluk Piru dan melaksanakan observasi diperairan sekitar.


    "Kapal juga melintasi perairan pesisir Tanjung Kaibobu, dan tiba di pelabuhan Waipirit dan melakukan pengamanan embarkasi dan debarkasi kapal Fery yang rutin dari pelabuhan Hunimua ke pelabuhan Waipirit dan sebaliknya," jelasnya.


    Katanya, tim juga memberikan himbauan kepada nelayan yang sedang beraktifitas diperairan pesisir desa Kamal agar selalu memperhatikan cuaca pada saat melaut demi keselamatan bersama.

    "Crew kapal juga memeriksa perlengkapan keselamatan yang tersedia di atas kapal nelayan," jelasnya.


    Hal serupa juga dilakukan oleh personil KP.XVI-2004. Tim ini melakukan pengawasan di pelabuhan Dobo, Aru. Mereka melaksanakan pengamanan dan  pelayanan prima terhadap penumpang yang turun saat kedatangan kapal tradisional dari desa Benjina.


    "Tim juga melakukan pemeriksaan alat keselamatan di atas kapal dan menyampaikan himbauan kepada nakhoda tentang keselamatan pelayaran diantaranya, sebelum berlayar agar selalu memperhatikan kondisi cuaca, memastikan kompas, setir dan kemudi serta mesin dalam keadaan baik dan siap digunakan, menyiapkan lifejachet, ringboy dan jerigen kosong sesuai kebutuhan," ucapnya.


    Di tempat berbeda, crew KP.XVI-1005 juga melakukan patroli pengamanan dan pemantauan kapal YACTH/Pesiar Sail To Indonesia 2022 yang singgah di Perairan Banda Naira.


    "Personil juga bersama tim pengawasan PSDKP melaksanakan pertemuan dengan pelaku usaha perikanan guna menindak lanjuti pengurusan perizinan yang bertempat di kantor PSDKP Gugus Pulau VI Banda Naira," jelasnya. 


    Sementara untuk personil KPC.XVI-2017 tetap melaksanakan debarkasi pada pelabuhan penyeberangan Fery Tulehu - Masohi.


    "Tim juga membagikan masker gratis dan himbauan tentang penggunan masker pada kapal yang sedang sandar pada pelabuhan perikanan Galala Ambon dan menghimbau agar selalu menerapkan protokol kesehatan," paparnya.

    Sedangkan untuk KP.XVI-2013  hari ini melakukan patroli pengamanan untuk mengantisipasi dan penanggulangan terjadinya gangguan kamtibmas di perairan dengan target operasi pelaku Destructif Fishing.


    "Tim juga melakukan himbauan keselamatan baik pada saat pelayaran maupun terhadap penularan pandemi covid-19," jelasnya. (KT/Rls)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polairud Polda Maluku Kembali Lakukan Patroli Keselamatan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top