• Headline News


    Saturday, June 11, 2022

    Bawaslu Bursel Ajak Masyarakat Jadi Pemantau Pemilu 2024


    Namrole, Kompastimur.com

    Bawaslu Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mulai membuka proses pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, dengan menyediakan Meja Layanan pada Jumat,(10/6/2022) di kantor Bawaslu setempat.


    Hal ini sebagaimana intruksi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI yang telah resmi membuka pendaftaran Pemantau Pemilu 2024, sekaligus meluncurkan Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 pada hari ini. 


    “Proses ini berlaku dipusat hingga daerah,” jelas Ketua Ketua Bawaslu Bursel, Umar Alkatiri saat konfrensi Pers di kantor Bawaslu.


    Alkatiri yang didampingi Komisioner Bawaslu Husen Pune dan Sekretaris Bawaslu Supardi Salamon memastikan, proses pendaftaran ini terbuka kepada semua Masyarakat.


    "Bagi Pemantau Pemilu yang mau mendaftar, dipersilakan datang ke Kantor Bawaslu Bursel, Jln Kihajar Dewan Toro Namrole,” tutur Ketua Bawaslu.


    Dia menuturkan, berdasarkan Pasal 435 – 447 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pemantau Pemilu harus memenuhi syarat untuk bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas dan teregistrasi serta memperoleh izin dari Bawaslu.


    Menurut Alkatiri, Bawaslu Bursel saat ini siap memfasilitasi siapa pun yang ingin memantau pemilu agar bergabung dengan lembaga pemantau pemilu yang berbadan hukum, sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu tersebut.


    Ia mengatakan pengawasan tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Bursel berkomitmen meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemantauan pemilu mendatang.


    Olehnya itu, Alkatiri berharap Pengawasan partisipatif Pemilu oleh lembaga Pemantau Pemilu mampu mewujudkan pemilu yang berintegritas, tepercaya dan dapat menjadi indikator sehatnya iklim demokrasi dalam suatu daerah nantinya. (KT-10)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bawaslu Bursel Ajak Masyarakat Jadi Pemantau Pemilu 2024 Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top