• Headline News





    Wednesday, June 2, 2021

    Embung Namrole Disebut Sebagai Tempat Ternak Nyamuk, Warga Mulai Resah


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Namrole, Kompastimur.com
    Kehadiran Embung di Kota Namrole cukup memberi manfaat dikala musim kemarau. 


    Dimana fungsi pembangunan Embung yakni untuk menampung air hujan dan aliran permukaan (run off) pada wilayah sekitarnya serta sumber air lainnya yang memungkinkan seperti mata air, parit, sungai-sungai kecil dan sebagainya.


    Kemudian menyediakan sumber air sebagai suplesi irigasi di musim kemarau untuk tanaman palawija, hortikultura semusim, tanaman perkebunan semusim dan peternakan, namun kini Embung di Kota Namrole telah berubah menjadi bencana bagi masyarakat di sekitar wilayah tersebut.


    Bagaimana tidak, kondisi Embung di Kota Namrole, yang dihadirkan pemerintah kini disebut-sebut sebagai kandang nyamuk yang suatu saat nanti dapat membahayakan warga Kota Namrole.


    Lista Lesnussa, salah satu warga Kota Namrole kepada wartawan, Selasa (6/1/21) mengaku sangat resah dengan kondisi Embung yang mana kondisinya saat ini sudah tidak terurus.


    “Embung airnya sangat kotor dan kondisi sudah tidak terurus. Ini bisa menjadi kandang bagi ribuan nyamuk, dan ini sangat membahayakan masyarakat kota Namrole,” ujar Lesnussa.


    Kata Lesnussa, semakin Embung itu tidak diperhatikan, semakin membahayakan masyarakat yang hidup di sekitar Embung maupun warga kota Namrole sendiri.


    “Bisa dilihat kondisi embun saat ini, airnya sangat kotor dan tidak diperhatikan oleh pemerintah. Padahal program ini sangat baik untuk mengontrol Debit air di musim panas, tetapi dengan kondisi saat ini yang sudah mulai masuk ke musim hujan, seharusnya sirkulasi aliran air terus diperhatikan agar jentik-jentik nyamuk tidak ada di dalam Embung tersebut,” paparnya.

    Dia sangat berharap, Pemda Bursel melalui dinas teknis dapat memperhatikan masalah ini, sebab masyarakat Namrole sudah ada yang terkena penyakit Malaria dan ini butuh perhatian khusus dari Pemda Bursel.


    “Setidaknya Pemda melalui dinas terkait dapat melakukan semacam pembersihan, kemudian menaburkan Obat pembunuh jentik nyamuk seperti Abate. Kami berharap demikian dengan tujuan jangan sampai ada masyarakat yang menjadi korban lagi dikemudian hari,” tandasnya. (01)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Embung Namrole Disebut Sebagai Tempat Ternak Nyamuk, Warga Mulai Resah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top