• Headline News


    Wednesday, October 21, 2020

    Patuhi Protokol Covid 19, TMMD ke-109 Kodim 1506 Namlea Ditutup Tanpa Gelar Pasukan


    Namlea,  Kompastimur.com

    Acara Penutupan dan Penyerahan Hasil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 TA 2020 Kodim 1506/Namlea digelar secara sederhana di Aula Balai prajurit Kodim 1506/Namlea Dusun Nametek, Desa Namlea, Kecamatan Namlea Kabupaten Buru, Rabu (21/10/2020).


    Dalam situasi pandemi Corona yang masih berlangsung, penutupan TMMD  itu hanya ditandai dengan penyerahan naskah hasil kerja pelaksanaan TMMD 109 dari Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi, S.A.P.,M.Tr.(Han), selaku  Dansatgas TMMD kepada Sekda Kabupaten Buru M Ilyas Bin Hamid S.H M.H tanpa ada apel gelar pasukan. 


    Dalam ruangan balai prajurit yang begitu besar,  hanya ada lima meja bundar dan setiap meja ada empar kursi. Praktis tamu yang hadir hanya 20 orang. 


    Penataan ruangan dan pembatasan tamu dalam satu pertemuan hanya maksimal 20 orang itu sesuai Surat Edaran Satgas Covid 19 Kabupaten Buru Nomor 01 tanggal 12 Oktober 2020.


    Para tamu yang hadir juga tetap memakai masker dan sebelum masuk ke ruangan prajurit mereka terlebih dahulu wajib cuci tangan dengan sabun. 


    Komandan Kodim 1506/Namlea Letkol Arh Agus Guwandi, S.A.P.,M.Tr.(Han) mengatakan, kegiatan TMMD Reguler Ke-109 TA 2020 Kodim 1506/Namlea mengambil tema TMMD Pengabdian Untuk Negeri. 


    "Makna yang terkandung dalam makna tersebut adalah bahwa TNI bersama Pemerintah Daerah dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan terhadap fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk kesejahteraan masyarakat," ungkap Dandim.


    Dandim dalam paparan menjelaskan, TMMD yang di mulai pada Tanggal 22 September 2020 s/d 21 Oktober 2020 ini telah menyelesaikan 100 % sasaran fisik dan sasaran nonfisik di tiga desa yaitu pembuatan Drainase di Desa Batu Boy sepanjang 279 meter, pembagunan jemuran Ikan Puri dan Jalan Beton sepanjang 300 meter di Desa Siahoni dan pembangunan Jalan Beton di Desa Sanleko sepanjang 400 meter dan seluruh pekerjaan Fisik selesai 100 %.


    "Untuk kegiatan Non Fisik yaitu penyuluhan Stunting, PHBS dan KB dan masing-masing dilaksanakan  di tiga Desa yang sudah selesai secara keseluruhan," jelasnya.


    Selain Sekda dan Dandim, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Pulau Buru AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja S.I.K M.I.K, Kasdim 1506/Namlea Mayor Inf La Ala Buton, Asisten II Abas Perlu, Camat Namlea  Efendi Latif, Para Kepala Dinas terkait, Pasi Ter kodim 1506/Namlea Kapten Inf Haris Tumenggung, Danki "A" Yonif 731/Kabaresi Kapten Inf Redo F Efandi, dan kades yang desanya menjadi sasaran program TMMD.


    Sementara itu Sekda Ilyas Bin Hamid kepada awak media mengatakan, banyak persoalan yang ada di desa yang akhirnya bisa terselesaikan berkat adanya program TMMD.


    Salah satu persoalaan yang dialami oleh desa dan bisa teratasi dalam program TMMD ini adalah pembangungan infrastruktur.


    Ia menilai, cukup banyak pembangunan yang berhasil dilakukan dalam program selama sebulan ini.


    "Jalan yang tadinya jelek, jadi bagus," ucap Sekda. 


    Akuinya, kalau kegiatan TMMD ini merupakan salah satu model pelaksanaan pembangunan yang cukup bagus. Karena dengan kegiatan ini, ada sinergi antara masyarakat dengan TNI dan pemerintah.


    Sehingga, lanjutnya, masyarakat dan pemerintah serta TNI, akhirnya bersama-sama menyelesaikan persoalan yang ada di desa tersebut.


    "Ada kebersamaan yang terjadi dalam program ini," ucapnya senang. (KT-10)


    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Patuhi Protokol Covid 19, TMMD ke-109 Kodim 1506 Namlea Ditutup Tanpa Gelar Pasukan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top