• Headline News





    Friday, September 25, 2020

    Perangi Narkoba Dari Lapas, Butuh Kerja Sama Semua Stokholder


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Piru, Kompastimur.com
    Satuan Narkoba Polres Seram Bagian Barat melaksanakan seminar webinar dengan cara virtual, bekerja sama dengan DPP Granat dengan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dengan melibatkan seluruh DPD dan DPC Granat se- Indonesia yang berlangsung pada Kamis (24/9/2020). 

    Seminar dengan menghadirkan nara sumber dari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, mengusung tema " Membersihkan Lapas Dari Narkoba, Mungkinkah?

    Kasat Narkoba Polres SBB Iptu Usman Ode Bellu kepada Kompastimur.com, Jumaat (25/9/2020) mengatakan Webenar dengan tema bersih lapas dari Narkoba butuh kerja sama stokholder untuk melawan norkoba ini.

    Sebab, katanya, melawan narkoba sangatlah kompleks dan merupakan persoalan berat yang mana setingkat dengan Teroris dan Korupsi.

    "Berantas Narkoba memang tidak mudah, butuh kerja sama semua instansi terkait, bahkan masyarakat dalam memberikan bantuan berupa informasi juga sangat dibutuhkan," ucap Bellu.

    Disamping tugas pokok sat Narkoba Polres SBB selain mengembangkan fungsi sebagai penyeledikan dan penyidikan, lanjutnya, Polres SBB juga melakukan tindakan-tindakan pencegahan dilapangan dalam bentuk Sosialisasi. Disamping itu, edukasi juga disampaikan kepada pihak-pihak terkait. 

    "Kita sentuh dengan memberikan pencerahan dalam lingkungan masyarakat baik ditingkat pelajar maupun perguruan tinggi guna untuk mendapatkan informasi dari bawah. Sebab pemberantasan narkoba tidak bisa dilakukan oleh kepolisian sendiri tapi harus ada kerjasama dari pihak-pihak lain, dengan satu tujuan berantas barang haram tersebut," ujarnya. 

    Untuk itu kesimpulan dari seminar webinar bersihkan narkoba dari Lapas, adalah bisnis narkoba tidak boleh terjadi didalam lapas, baik sebagai bisnis diinternal lapas, maupun sebagai pengendali diluar lapas, sebab stikma lapas sebagai tempat rawan peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba harus segera diakhiri. 

    "Semua pihak harus menaruh perhatian khusus, khususnya dijajaran Dirjen Lapas lebih khusus lagi petugas Lapas dan Kalapasnya, penghuni lapas," paparnya.

    Dia menghimbau, agar langkah efesien dan efektif harus segera dilakukan karena dilapas tempat berkumpul para bandar, kurir dan para pecandu. 
    "Pemerintah harus serius, oknum yang nakal harus ditindak tegas dan keras, pengawasan tidak boleh kendor, setiap hari didalam kamar - kamar lapas harus dioperasi dan pemidanaan bukan satu satunya solusi untuk memberantas narkoba," imbuhnya.

    Narkoba adalah senjata perusak masal, yang mana narkoba mempunyai daya rusak yang tinggi, bersamaan dengan terorisme dan korupsi. Oknum petugas lapas tidak boleh lagi terbuai dengan rayuan - rayuan berbagai fasilitas warga binaan yang bermasalah dengan Narkoba. Hubungan personal diantara oknum dengan warga binaan secara negatif harus diawasi oleh Kalapas karena ini rawan kolusi dan korupsi.

    "Untuk selamatkan anak cucu kita, harus dilakukan dengan serius jangan sampai mereka terpapar dengan narkoba. Oleh karena itu soal narkoba metode suply reduction harus berlangsung secara seimbang. Disamping data pemberantasan juga harus data pencegahan serta data orang yang dihabilitasi," tutupnya. (KT-MFS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Perangi Narkoba Dari Lapas, Butuh Kerja Sama Semua Stokholder Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top