• Headline News


    Saturday, April 25, 2020

    ODP Jalani Shalat Tarawih Berjamaah di Ruang Isolasi


    Piru, Kompastimur.com 
    Sebanyak 13 Orang Dalam Pantauan asal negeri Luhu kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan tanpa sanak keluarga padahal bulan ini merupakan moment berkumpul dengan sanak keluarga untuk sahur perdana dan berbuka puasa bersama.

    Namun nasib 13 warga negeri Luhu tidak beruntung, mereka justru tidak berkumpul dengan sanak keluarga saat moment ramadhan, sahur dan buka puasa, bahkan tarawih bersama harus dilaksanakan di ruang isolasi sesama mereka ODP sendiri. Mereka terpaksa jauh dari sanak keluarga untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan apa yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

    Hal ini dilakukan bukan untuk menjauhi mereka dari sanak keluarga namun ini merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan sanak keluarga dengan mencegah penyebaran Covid-19, apalagi mereka baru pulang dari wilayah pendemi Covid-19 maka harus jalankan isolasi mandiri.

    Walaupun mereka datang tidak membawah virus tersebut, namun tingkat kewaspadaan harus diutamakan dengan cara melakukan isolasi mandiri untuk melihat perkembangan selama 14 hari apakah ada gejala yang mengarah ke virus covid-19 yang mereka alami atukah tidak, jika itu tidak ada maka 13 ODP sudah diperbolehkan pulang untuk berkumpul bersama sanak keluarga mereka secara bertahap.

    "Kemarin 4 orang sudah dipulangkan, hari ini sebanyak 6 orang kembali dipulangkan karena sudah memasuki 14 hari masa isolasi mandiri. Dan 3 orang lainnya besok baru dipulangkan ke sanak keluarganya," jelas Amir Hatala Sekretaris Negeri Luhu kepada Kompastimur.com di Luhu Sabtu (25/4/2020).

    Ia menjelaskan, selama jalani isolasi mandiri selama 14 hari, 13 ODP menjadi tanggung jawab pemerintah negeri Luhu, mulai menyediakan asupan makanan bergizi  baik pagi, siang, sampai dengan malam, untuk bulan puasa menu buka puasa sampai dengan makanan sahur pun disiapkan oleh pemerintah negeri Luhu.

    "Untuk menu berbuka puasa sampai dengan sahur disiapkan pula oleh pemerintah negeri dengan melakukan kerja sama dengan salah satu pemilik warung untuk melayani makan dan minum para ODP yang menjalani Isolasi Mandiri," jelas Amir.

    “Saya berharap agar warga negeri Luhu tidak perkucilkan 13 ODP yang jalani isolasi mandiri setelah mereka sudah kembali berkumpul bersama sanak keluarga maupun masyarakat secara umum, namun bagaimana bersama dengan mereka untuk perangi penyebaran Covid-19 di negeri kita tercinta," harapnya (KT/MFS).

    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: ODP Jalani Shalat Tarawih Berjamaah di Ruang Isolasi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top