• Headline News


    Friday, November 15, 2019

    Faktor Cuaca, Harga Pangan Meningkat Pesat

    Ambon, Kompastimur.com 
    Kondisi Alam yang mengalami cuaca ekstrim di Indonesia, ternyata mempengaruhi berbagai segi kehidupan termasuk ekonomi, terutama soal komoditi pangan.

    Cuaca Ekstrim juga menyebabkan Harga Sayur Mayur dipsar melambung tinggi.

    Hal ini terungkap dari pantauan yang dilakukan oleh media ini di Maluku, Jumat (15/11/19) terkhususnya di Kota Ambon, dimana terdapat berbagai kenaikan harga bahan pangan dan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan secara cepat dan tak terkendali.

    Salah satunya adalah komoditi sayur mayur yang mengalami kenaikan harga yang cukup cepat dan pesat, dibandingkan dengan harga normal pada umumnya.

    Harga sayur mayur di pasar mardika Kota Ambon mengalami lonjakan harga, berdasarkan hasil pantauan media ini, harga sayur yang mengalami peningkatan diantaranya, sayur sawi dengan harga Rp 10.000 per ikat dibandingkan dengan yang sebelumnya berkisar antara Rp. 4.000 - 5.000/Ikat. Sayur kangkung mengalami kenaikan harga hingga Rp 6.000 per ikat dibandingkan harga sebelumnya yang berkisar antara Rp.3.000/ikat, sayur bayam mengalami kenaikan dengan harga Rp Rp 7.000 per ikat saat ini, dibandingkan dengan harga sebelumnya antara Rp.3.000 - 5.000/Ikat. Untuk sayur kacang panjang mengalami kenaikan harga menjadi Rp 10.000 per ikat.


    Selain sayur, komoditi lainnya seperti cabe rawit juga mengalami kenaikan yang cukup drastis hingga mencapai Rp 100.000 per kilo dibandingkan harga sebelumnya antara Rp 30.000- 45.000 Ribu/ Kg, cabe keriting mencapai harga Rp 60.000 per kilo dibandingkan harga sebelumnya sebesar Rp. 40.000/kg. Komoditi seperti bawang merah juga ternyata mengalami kenaikan hingga Rp 25.000 per kilo,dibandingkan harga sebelumnya Rp.18.000/kg.

    Salah satu pedagang di pasar mardika ketika dimintai keterangannya mengakui, lonjakan harga sayur karena, faktor cuaca, sehingga harga sayur mengalami lonjakan.

    "Cuaca panas yang berkepanjangan membuat tanaman rusak, makanya harga sayur melonjak" katanya.


    Dia berharap, kondisi cuaca segera membaik agar, harga sayuran semakin membaik. 

    "Semoga cuaca normal, agar harga sayur menurun," ucapnya (KT/BN)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Faktor Cuaca, Harga Pangan Meningkat Pesat Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top