• Headline News


    Friday, October 11, 2019

    Oktober Ini Pemda Bursel Umumkan Seleksi CPNS dan PPPK

    Kepala BKPSDM, AM Laitupa 

    Namrole, Kompastimur.com 
    Seleksi Tes CPNS dan Penerimaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) akan segera dibuka pada Oktober tahun 2019 ini.

    Hal tersebut diungkapkan kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bursel A M Laitupa ketika ditemui di kantor Bupati setempat, Kamis (10/9/2019).

    Dikatakan, saat ini Pemda Bursel telah menerima jadwal dari BKN terkait dengan persiapan-persiapan seleksi Tes CPNS 2019, dan Pemda telah melakukan berbagai persiapan-persiapan untuk mendukung kelancaran proses seleksi tersebut.

    “Saya sementara mempersiapkan panitia seleksi dan jadwal pengumuman pendaftaran di Oktober ini. Kita hanya menunggu tanggalnya kapan akan kami umumkan. Permasalahannya saat ini kami belum umumkan karena formasi belum diberikan Menpan ke daerah, mungkin satu dua minggu kedepan sudah diberikan dan tidak bisa lewat dari bulan Oktober ini karena sesuai jadwal nasional itu kita sudah harus umumkan sekaligus pendaftaran,” kata Laitupa.

    Dijelaskan, Pemda masih menunggu formasi balik dari BKN, dan kalau formasi itu sudah diterima akan segera diumumkan, karena dalam pengumuman tersebut harus dicantumkan formasi-formasi yang dibutuhkan daerah dan yang sudah disetujui oleh Menpan.

    Disamping itu, lanjut Laitupa, Pemda Bursel juga merencanakan pelaksanaan pengangkatan P3K di tahun 2020 karena sesuai dengan dana yang dianggarkan pemerintah pusat melalui pemerintah daerah di seluruh Indonesia, maka Bursel juga sudah melakukan persiapan untuk melaksanakan hal tersebut.

    “Cuma yang menjadi persoalan itu dari sisi pelaksanaannya, apakah CPNS kita laksanakan dahulu, baru P3K atau dia bersamaan. Kita masih menunggu jadwalnya dari pusat dan kalau nanti jika jadwalnya bersamaan maka agak sulit di daerah karena sarana dan prasarana pendukung terkait rekrutmen CPNS maupun P3K membutuhkan persiapan dari segala sisi,” ujarnya.

    Laitupa menambahkan, untuk CPNS dan P3K kali ini tetap menggunakan sistem Online.

    “Pastinya semua baik itu CPNS maupun P3K itu tesnya online. Karena P3K itu anggap saja seperti Pegawai Negeri Sipil hanya ada petunjuk teknisnya. Jadi P3K itu kami khususkan untuk PTT tapi sesuai formasi yang diberikan untuk P3K dan juga bagi tenaga-tenaga umum atau hasil tes CPNS yang sifatnya umum, misalnya sesuai hasil tidak lolos bisa juga didaftarkan pada P3K ,” terangnya.

    Dibeberkan, untuk P3K sendiri pemerintah pusat telah menyiapkan dana ke seluruh daerah di Indonesia untuk melakukan pengangkatan P3K termasuk Kabupaten Bursel.

    “Pemerintah sudah siapkan anggaran perekrutan P3K termasuk untuk gaji P3K tersebut. Jadi anggaran itu di ditambahkan di PAD Bursel untuk pengangkatan P3K ,” tutupnya.

    Sekedar diketahui, untuk formasi CPNS tahun 2019 ini yang diusulkan Pemda Bursel terdiri dari 285 untuk formasi tenaga teknis, 444 untuk formasi tenaga pendidikan dan 238 untuk formasi tenaga kesehatan, sehingga total formasi CPNS yang diusulkan sebanyak 967.

    Sedangkan untuk PPPK, Pemda Bursel telah mengusulkan 500 formasi untuk tenaga teknis, 581 untuk tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan sebanyak 619. Sehingga total untuk formasi PPPK yang diusulkan sebanyak 1700. (KT/02)

    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Oktober Ini Pemda Bursel Umumkan Seleksi CPNS dan PPPK Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top