• Headline News





    Friday, August 30, 2019

    Tabung Kompresor Meledak, Nyawa Halik Melayang


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Masohi, Kompastimur.com  
    Akibat sebuah kompresor berukuran besar di bengkel tambal ban, jalan Trans Seram, Kelurahan Letwaru, Kota Masohi, Maluku Tengah, Kamis (29/8/2019) meledak mengakibatkan pemilik bengkel Rizal Halik (37) tewas di tempat dengan kondisi kepala pecah.

    Informasi yang diperoleh wartawan, kronologis kejadian ini terjadi, saat Rizal Halik alias Daeng Gimpe sedang memperbaiki ban mobil truk. Tanpa sadar, tiba-tiba komprensor yang digunakan untuk mengisi angin meledak.

    Dugaan sementara, volume angin pada mesin komprensor yang digunakan sudah melebihi kapasitas, sehingga mengakibatkan tabung kompresor meledak.

    Yani salah satu warga yang berjualan di sekitar lokasi kejadian, saat mendengar bunyi ledakan itu terjadi, Ia langsung keluar dari kios dan menengok ke bengkel asal suara ledakan dan ketika tiba di lokasi, dirinya melihat pemilik bengkel sudah tergeletak dengan kondisi kepala pecah.

    “Saya tadi berada di dalam kios, sekitar pukul 12.00 WIT, saya mendengar bunyi ledakan keras dari bengkel samping kios saya. Saya kaget dan panik kemudian keluar dan melihat ada sesosok mayat sudah tergeletak di depan bengkel yang kemudian diketahui adalah Daeng Kimpe,” ungkapnya kepada awak media di TKP.

    Ia mengaku awalnya tidak mengetahui ledakan tersebut disebabkan karena apa, tetapi dirinya baru mengetahui ledakan keras itu bersumber dari ledakan tabung kompresor yang selama ini digunakan korban setelah membantu mengevaluasi jenazah korban.

    “Awalnya saya tidak tau itu ledakan dari apa.  Nanti setelah keluar dengan niat untuk membantu mengevaluasi korban baru diketahui sumber ledakan adalah dari tabung angin kompresor,” akuinya.

    Dikatakan korban meninggal tanpa kepala. Akibatnya saksi tidak berani menolong dan melaporkan kejadian itu ke keluarga korban di rumah.

    “Saya tidak berani menolong karena kepalanya sudah tidak ada.  Saya langsung memberitahukan istri korban di rumah. Setelah itu kondisi berubah ramai,” terangnya.

    Kasat Reskrim Polres Malteng AKP Syahirul Awab yang dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, mengakui kecelakaan kerja terjadi dengan mengakibatkan korban Rizal Halik. Korban  beralamat di RT. 05 Kelurahan Letwaru, Kecamatan Kota Masohi meninggal dunia di tempat akibat ledakan tabung kompresor.

    Saksi Jamin La Abuya (36) yang juga sopir truk menuturkan, selesai memasang ban mobil truk dengan membelakangi korban untuk membereskan kunci-kunci, pada saat itu korban sedang mengganti ban dengan alat hidrolik yang disambungkan ke kompresor. 

    Sesaat kemudian, kata saksi, terdengar suara ledakan dari dalam bengkel, saksi lalu berdiri dan melihat korban sudah tergeletak dengan kepala sudah pecah dan isi kepala berhamburan. Saksi langsung melaporkan kejadian tersebut ke Pos Polisi Letwaru. Selanjutnya korban dibawah ke kamar jenasah RSUD Masohi.

    Selain menenlan korban nyawa, akibat dari ledakan tabung kompresor ini, 1 buah kaca pintu samping kiri mobil truk warna hijau dengan nopol DE 8176 LU pecah berhamburan.

    Sedangkan dari pihak kepolisian menduga tabung kompresor meledak dikarenakan tidak ada alat pengatur tekanan udara yang berfungsi mengontrol volume udara dalam tabun. (KT/02)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tabung Kompresor Meledak, Nyawa Halik Melayang Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top